Litbang Kemenhan dan Eltran Sukses Ciptakan Motor Listrik Militer, Kaya Anak Bangsa

Litbang Kemenhan dan Eltran Sukses Ciptakan Motor Listrik Militer, Kaya Anak Bangsa
Electric Tactical Motor Bike resmi mendapatkan sertifikat prototipe produk dari Pusat Penelitian dan Pengambangan (Puslitbang) Kemenhan. Foto: Dok Balitbang Kemenhan

jpnn.com, JAKARTA - Electric Tactical Motor Bike resmi mendapatkan sertifikat prototipe produk dari Pusat Penelitian dan Pengambangan (Puslitbang) Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Kabalitbang Kemhan Marsekal Muda TNI (Purn.) Julexi Tambayong mengajak semua pihak untuk ikut berpartisipasi dalam pengembangan agar motor listrik segera diproduksi massal.

"Hari ini kita harus bangga karena menjadi pelaku sejarah proses digunakannya motor listrik. Selain itu, menjadi legasi kita kelak," katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat (16/9).

Adapun pengembangan kendaraan listrik ini juga sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) No.55/2019 mengenai kendaraan listrik yang diteken Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurutnya, pemerintah berkomitmen menekanan emisi, ramah lingkungan.

"Kita tidak ketinggalan dengan negara lainnya. Industri nasional, industri karya anak bangsa, harus bisa menjadi kebanggaan bagi kita semua," tambahnya.

Sebagai informasi, pengujian meliputi 80 protokol uji, seputar pengereman, halang rintangan, getaran pendek, getaran panjang, perlambatan, pengereman kering dan basah, daya belok, tanjakan, hingga percepatan. Bahkan mampu menerabas rintangan tegak, rintangan miring, termasuk tanjakan dengan tantangan 60 derajat.

Motor listrik ini juga memiliki kemampuan pengisi daya cepat dua jam (1200 W) dan daya tempuh sejauh 80-an kilometer.

Electric Tactical Motor Bike resmi mendapatkan sertifikat prototipe produk dari Pusat Penelitian dan Pengambangan (Puslitbang) Kemenhan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News