Badminton Asia Team Championships 2018

Luar Biasa Kalau Putri Indonesia Bisa Menang dari Jepang

Luar Biasa Kalau Putri Indonesia Bisa Menang dari Jepang
Tim putri Indonesia di Badminton Asia Team Championships 2018. Foto: Badminton Indonesia

jpnn.com, ALOR SETAR - Tim putri Indonesia akan menantang Jepang di semifinal Badminton Asia Team Championships (BATC) 2018, di Stadium Sultan Abdul Hamid, Alor Setar, Kedah, Malaysia, Sabtu (10/2), mulai pukul 11.00 WIB.

Fitriani dkk lolos ke 4 Besar setelah mengalahkan India 3-1 di perempat final Jumat (9/2) kemarin. Sementara Jepang menyingkirkan Taiwan dalam tiga partai awal secara beruntun, 3-0.

Bagaimana peluang Indonesia? "Kemenangan atas Tiongkok di babak penyisihan memberi rasa percaya diri kepada tim putri,’’ kata Chief de Mission Indonesia Achmad Budiharto.

Ya, kemenangan saat itu membuat Indonesia menjadi juara Grup Z. Kemudian, keberhasilan mengalahkan India di 8 Besar kemarin, juga membuat tim putri Merah Putih tak hanya sekadar lolos ke semifinal BATC saja.

Lebih dari itu, karena masuk 4 Besar, Indonesia sudah memastikan satu tiket di Piala Uber yang akan digelar di Bangkok, Thailand, Mei nanti. Artinya, tim putri sudah mencapai target yang dibebankan; lolos ke Piala Uber.

Menjadi juara BATC 2018 tentu ada di dalam pikiran pemain. Peluang juga tetap terbuka. Namun yang mengadang di semifinal siang nanti adalah Jepang.

"Kalau melihat ranking, memang cukup berat. Sebab, pemain Jepang sebagian besar berada di peringkat 10 besar dunia,’’ kata Kabidbinpres PP PBSI Susy Susanti.

Di nomor tunggal, tim Negeri Matahari Terbit mengandalkan Akane Yamaguchi (ranking dua dunia), Nozomi Okuhara (7), Sayaka Sato (13). Lalu di ganda ada Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi (ranking dua dunia) dan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota (4).

Tim putri Indonesia mencapai target yang dibebankan di Badminton Asia Team Championships 2018, yakni tembus semifinal dan lolos ke Piala Uber Mei nanti.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News