Luncurkan Program Pejuang Muda, Kemensos Gandeng 5.140 Mahasiswa

Luncurkan Program Pejuang Muda, Kemensos Gandeng 5.140 Mahasiswa
Menteri Sosial Tri Rismaharini meluncurkan program Pejuang Muda. Foto: Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Sosial (Kemensos) meluncurkan program Pejuang Muda dengan menggandeng 5.140 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Menteri Sosial Tri Rismaharini menyampaikan para mahasiswa itu akan diterjunkan ke tengah masyarakat untuk mengetahui permasalahan sosial dari dekat.

Dia berharap dampak dari program Pejuang Muda akan dirasakan langsung oleh masyarakat ketika para mahasiswa mengerjakan proyek-proyek penanganan kemiskinan dan masalah sosial yang didukung anggaran Kemensos.

“Kami siapkan Rp 178 miliar bagi 5.140 mahasiswa yang diambil dari anggaran Kemensos untuk perbaikan data untuk membuat proyek program pengentasan kemiskinan yang sebelumnya direfocusing dan dievaluasi, ” kata Mensos Risma dalam Kuliah Umum (Studium Generale) tentang Pejuang Muda Kemensos 2021 di Gedung Aneka Bhakti (GAB), Jakarta, Rabu (13/10).

Risma menyebutkan dukungan biaya proyek satu kelompok Rp 10 juta dari Kemensos.

“Jika anggaran lebih dari 10 juta untuk proyek permasalahan yang ditemukan di masyarkat akan dikerjasamakan dengan kitabisa untuk menggalang dana dari masyarakat,” ujar Mensos.

Dalam Pejuang Muda terdapat empat pilihan program, yaitu di bidang bantuan sosial, pemberdayaan, lingkungan, serta fasilitas lingkungan yang terpenting bagi mahasiswa bisa memilih program dengan bobot 20 SKS selama satu semester.

“Mereka tidak hanya terjun langsung ke masyarakat, tetapi boleh memilih salah satu dari empat program yang didukung Kemenag dan Kemdikbudristek melalui program Kampus Merdeka dan mendapat nilai di akhir program,” jelas mantan Wali Kota Surabaya itu.

Kemensos meluncurkan Pejuang Muda dengan menyiapkan empat pilihan program bagi mahasiswa yang akan terlibat di dalamnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News