Lusa, Venus Bakal jadi Titik Hitam di Lingkar Surya

Lusa, Venus Bakal jadi Titik Hitam di Lingkar Surya
Lusa, Venus Bakal jadi Titik Hitam di Lingkar Surya
OTTAWA - Ilmu pengetahuan memungkinkan manusia mendeteksi peredaran benda langit yang berada jutaan mil dari bumi. Selasa (5/6) lusa, sebuah momen langka akan terlihat dari bumi ketika Venus terlihat berupa titik hitam kecil dalam lingkaran cahaya Matahari.

Para ahli astronomi menyebutnya sebagai momen langka yang baru akan terjadi lagi tahun 2117 atau lebih dari seabad mendatang. Hal ini memang merupakan fenomena langka yang terjadi saat orbit Venus berada satu garis dengan Bumi. Sehingga pada Selasa (5/6) mendatang Venus akan terlihat serupa titik hitam kecil di lingkaran surya.

"Satu-satunya cara Venus dan Bumi dapat segaris dengan matahari adalah jika Venus melintasi  Bumi secara bersamaan ketika Venus melewati bidang orbit bumi," Ujar Mike Reid department astronomi University of Toronto, Kanada seerti dilansir halaman CBC, Jumat (1/3).

Nantinya Venus diperkirakan mulai terlihat sejak pukul 06.04 pagi. Planet terdekat Bumi itu akan dapat terlihat dari seluruh daratan Kanada sekitar enam jam dan berakhir beberapa jam sebelum matahari terbenam.

OTTAWA - Ilmu pengetahuan memungkinkan manusia mendeteksi peredaran benda langit yang berada jutaan mil dari bumi. Selasa (5/6) lusa, sebuah momen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News