Maaf, Bila Ada Mubalig Tak Nyaman soal Daftar Versi Kemenag

Maaf, Bila Ada Mubalig Tak Nyaman soal Daftar Versi Kemenag
Menag Lukman Hakim Saifuddin saat jumpa pers Sidang Isbat Awal Ramadan 1439 H, Jakarta, Selasa (15/5). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Daftar nama 200 dai versi Kementerian Agama (Kemenag) memicu polemik. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dituding sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas pro kontra yang menggelinding akibat daftar 200 dai versi Kemenag itu.

Lukman mengatakan, daftar nama penceramah agama itu merupakan bentuk layanan Kemenag atas pertanyaan masyarakat tentang mubalig/mubaligah. Menurutnya, daftar berisi 200 nama itu bukan dari hasil seleksi.

"Ini bukan seleksi, bukan akreditasi, apalagi standardisasi. Ini cara kami layani permintaan publik," ujar Lukman,  Senin (21/5).

Menurut dia, rilis itu juga bukan dalam rangka memilah penceramah agama. Bahkan, daftar nama yang disusun sesuai usulan beberapa kalangan itu akan terus diperbarui.

Bagi masyarakat yang hendak mengusulkan nama bisa mengirim pesan WhatsApp ke Kemenag melalui nomor 08118497492. Lukman menegaskan, Kemenag terus menerima banyak masukan dari masyarakat tentang nama-nama mubalig/mubaligah yang perlu masuk dalam rekomendasi.

“Dengan senang hati kami akan merilis beberapa yang belum masuk. Kami sudah menyatakan bahwa rilis ini sifatnya dinamis. Silakan saja  publik menyampaikan. Kami membuka diri selebarnya untuk menerima masukan," bebernya.

Lukman pun memastikan tak ada motif politik di balik daftar itu. Dia menegaskan, daftar itu disusun berdasar usulan yang masuk dari pengurus ormas keagamaan, masjid besar dan kalangan lainnya. Jika ada mubalig yang kondang dengan jutaan viewers di YouTube tak masuk dalam daftar versi Kemenag, Lukman memastikan hal itu semata-mata karena belum adanya usulan.

"Itu bukti tidak ada motif politik di sini. Sama sekali tidak ada. Kalau kami berpolitik praktis, tentu kami hanya akan masukan yang pengikutnya besar saja," ujarnya.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memastikan tak ada motif politik di balik daftar nama 200 mubalig/mubaligah yang telah dirilis Kemenag.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News