Maceeeet...Dalam Kota, Cikampek, Tol Cipali

Maceeeet...Dalam Kota, Cikampek, Tol Cipali
Ribuan kendaraan terjebak macet saat melintasi Tol Dalam Kota arah Tol Cikampek di Gatot Subroto, Jakarta, Kamis (24/12). Kemacetan tersebut disebabkan penumpukan kendaraan di rest area tol Cikampek KM 19 yang berdampak pada tersendatnya arus kendaraan di sepanjang ruas Tol Dalam Kota. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Kemacetan terjadi di hampir semua ruas jalan tol, kemarin. Di kawasan Jakarta misalnya. Hingga tadi malam, kemacetan masih terpantau di tol dalam kota. Dari laporan @TMCPoldaMetro, tol jorr Cikunir 3 arah Cikampek masih dalam kondisi padat merayap. Kecepatan hanya sebatas 20-30 km/jam.

Kendaraan didominasi oleh kendaraan pribadi. Imbasnya, kepadataan kendaraan mengekor hingga Cawang. Kondisi ini sedikit membaik ketimbang siang hari.

Chaos di jalan ini pun berimbas pada penumpukan penumpang di sejumlah terminal di Jakarta. Salah satunya di terminal Kampung Rambutan. Penumpang harus menunggu selama tiga jam hingga bisa mendapat bus yang mereka tumpangi.

“Penumpukan penumpang bus terjadi karena keterlambatan kedatangan bus yang ditunggu. Bus kejebak macet,” ungkap Direktur Lalu Lintas Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Eddi saat dikonfirmasi kemarin (24/12).

Eddi menuturkan, kepadatan kendaraan terjadi hampir di semua ruas jalan tol. Menurutnya, ini terjadi akibat peningkatan jumlah kendaraan pribadi yang melakukan perjalanan libur Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Tahun ini diprediksi terjadi lonjakan moda angkutan jalan sekitar 5,8 persen dari tahun lalu, yaitu 2,02 juta penumpang.

Selain moda angkutan jalan, kenaikan juga terjadi di angkutan penyeberangan. Menurutnya, angkutan penyeberangan naik dari 2,87 juta menjadi 3,27 juta penumpang tahun ini.

Benar saja, kemacetan panjang juga terjadi di tol Cikopo-Palimanan (Cipali). Menurut keterangan petugas traffic monitoring tol Cipali Aziz, terjadi antrean panjang di pintu masuk tol Cikopo arah Cirebon. Kendaraan mengular hingga 5 Km.

Kondisi serupa terjadi di pintu keluar Palimanan. Kendaraan terparkir hingga 10 Km. “Arah sebaliknya, dari Cirebon menuju Jakarta juga terjadi antrean panjang hingga 5 Km,” ungkapnya saat dihubungi.

JAKARTA – Kemacetan terjadi di hampir semua ruas jalan tol, kemarin. Di kawasan Jakarta misalnya. Hingga tadi malam, kemacetan masih terpantau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News