Mahasiswa Internasional Mulai Datang Kembali ke Perth Meski Harus Melakukan Berbagai Penyesuaian Baru

Mahasiswa Internasional Mulai Datang Kembali ke Perth Meski Harus Melakukan Berbagai Penyesuaian Baru
Mahasiswa internasional kembali ke Australia dengan pengalaman kuliah berbeda dengan sebelum pandemi. (ABC News: Cason Ho)

Sektor pendidikan internasional di Australia Barat dengan ibu kota Perth sudah hampir kembali normal, tetapi sebagian mahasiswa asing mengatakan mereka masih mengalami berbagai masalah yang disebabkan karena pandemi.

Mahasiswa internasional di Australia Barat setidaknya harus mengeluarkan dana sekitar Rp200 juta per tahun.

Kalau mau belajar menjadi perawat, biayanya bahkan lebih dari Rp300 juta setiap tahun, namun untuk mahasiswa lokal karena mendapatkan subsidi dari pemerintah biayanya hanya sekitar Rp40 juta.

Setelah perbatasan untuk masuk negara bagian Australia Barat dibuka bulan Maret 2022, banyak mahasiswa internasional yang bersedia mengeluarkan dana untuk bisa mengecap pendidikan di negara baru.

Namun sekarang saat semester pertama sudah hampir berakhir, beberapa mahasiswa asing mengatakan mereka masih menghadapi berbagai masalah yang disebabkan karena pandemi sebelumnya.

Mahasiswa sudah kembali, tetapi pengalamannya berbeda

Menurut Wakil Rektor bidang pendidikan Edith Cowan University di Perth, Angela Hill, jumlah mahasiswa internasional yang kembali cukup tinggi sejak perbatasan dibuka.

"Ketika ada penundaan pembukaan perbatasan, beberapa mahasiswa harus mengubah rencana mereka," katanya.

"Tetapi kami puas dengan jumlah mahasiswa yang masuk ke sini, mahasiswa internasional sangat memperkaya kampus kami dalam berbagai segi dan  memperkaya seluruh kehidupan kampus bagi mahasiswa."

Sektor pendidikan internasional di Australia Barat dengan ibu kota Perth sudah hampir kembali normal, tetapi sebagian mahasiswa asing mengatakan mereka masih mengalami berbagai masalah yang disebabkan karena pandemi

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News