Mahasiswa KKN UNS Gelar Penyuluhan Mitigasi Bencana Banjir

Mahasiswa KKN UNS Gelar Penyuluhan Mitigasi Bencana Banjir
Peserta KKN UNS kelompok 213 menggelar kegiatan penyuluhan mitigasi bencana banjir melalui media pamflet. Foto: dokumentasi Budi Legowo

jpnn.com, SUKOHARJO - Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) kelompok 213 menggelar kegiatan penyuluhan mitigasi bencana banjir melalui media pamflet.

Kegiatan ini dilaksanakan di rumah Joko Purwono, selaku ketua RT Dukuh Nongko, Desa Ngombakan, Kecamatan Polokarto, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu.

Juru bicara KKN UNS kelompok 213 Siska Dwi Utami mengatakan, tujuan program kerja ini adalah memberikan wawasan bagi warga setempat terkait tindakan-tindakan yang perlu dilakukan sebelum, saat terjadi, dan setelah terjadi bencana banjir.

“Penyuluhan ini bersamaan dengan kegiatan arisan ibu-ibu sehingga peserta penyuluhan adalah ibu-ibu dukuh Nongko RT 01 RW 01 yang berjumlah sekitar 76 orang,” ujar Siska, yang juga mahasiswa Program Studi Geografi FKIP UNS dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (11/9).

Kegiatan sengaja dilakukan di Dukuh Nongko karena di sana sering terjadi banjir ketika musim hujan.

Penyuluhan dilakukan dengan menjelaskan materi dimana juga tertulis pada pamflet mitigasi bencana banjir yang dibagikan kepada warga.

“Setelah kegiatan penyuluhan selesai, warga menerima map plastik yang berguna untuk menyimpan dokumen-dokumen penting sehingga akan memudahkan dalam menyelamatkan dokumen jika terjadi bencana banjir,” kata Siska.

Koordinator Desa KKN UNS Kelompok 213, Khofifah Siti Nurwangsa, yang merupakan mahasiswa Program Studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, menjelasan dua alasan memilih ibu-ibu arisan menjadi peserta penyuluhan.

Mahasiswa peserta KKN UNS Surakarta menggelar kegiatan penyuluhan mitigasi bencana banjir melalui media pamflet.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News