Mahfud Beber Langkah Pemerintahan Jokowi soal Etnis Muslim Uighur

Mahfud Beber Langkah Pemerintahan Jokowi soal Etnis Muslim Uighur
Mahfud MD. Foto: M. Fathra Nazrul Islam/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan bahwa pemerintahan Presiden Joko Widodo tidak diam dalam menyikapi persoalan yang dialami etnis Uighur di Xinjiang, Tiongkok. Menurut Mahfud, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi sudah melakukan jalan diplomasi lunak ke pemerintah Tiongkok terkait persoalan Uighur.

"Bu Menlu sudah melakukan langkah-langkah, ya, kami punya jalan diplomasi lunak sejak dahulu," kata Mahfud di Jakarta Pusat, Kamis (19/12).

Menurut Mahfud, pemerintah Indonesia ingin menjadi penengah dalam persoalan etnis Uighur. Pemerintah, katanya, tak ingin persoalan etnis Uighur berkepanjangan.

"Kami menjadi penengah dan mencari jalan yang baik, bukan konfrontatif begitu," lanjut dia.

Selain dari pemerintah, kata Mahfud, sejumlah organisasi keagamaan seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Muhammadiyah juga berupaya menyelesaikan persoalan etnis Uighur. Karena itu Mahfud menegaskan, Indonesia tidak diam mengenai persoalan etnis Uighur.

“Dari kelompok masyarakat ada Majelis Ulama Indonesia, Muhammadiyah. MUI sudah ke sana. Kami cari jalan yang baiklah, kami tidak bisa mendiamkan peristiwa itu," ucap dia.(mg10/jpnn)

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan pemerintahan Presiden Jokowi tidak berdiam diri soal etnis Uighur di Tiongkok.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News