Mak Ganjar Bantu Petani NTT yang Kesulitan Mendapatkan Pupuk dan Bibit

Mak Ganjar Bantu Petani NTT yang Kesulitan Mendapatkan Pupuk dan Bibit
Sukarelawan Mak Ganjar memberikan bantuan pupuk dan bibit kepada petani di NTT. Dok Mak Ganjar Kupang.

jpnn.com, KUPANG - Koordinator Daerah (Korda) Mak Ganjar Kabuaten Kupang Nur Da Silva menyebut sejumlah kelompok tani di daerahnya kesulitan untuk mendapatkan pupuk dan bibit.

Merespons hal tersebut, pihaknya langsung memberikan bantuan dan menyerahkan bibit serta pupuk kepada kelompok petani di Kanaan, Desa Manusuk, Kecamatan Kupang Timur, Kamis (5/1).

Menurut Nur, hingga saat ini belum ada satu pun pupuk yang beredar di petani. Hal tersebut direspons oleh Mak Ganjar dengan memberikan bantuan untuk petani.

"Sejak beberapa bulan lalu kami mendapatkan keluhan dari kelompok tani dikarenakan para distributor pupuk ini belum bisa menyediakan pupuk untuk mereka bertani," ujar dia.

Dia menyebut seharusnya saat ini para petani sudah bisa panen. Hal ini membuat para petani khawatir apabila terjadi gagal panen karena tanamannya tidak bisa menghasilkan.

"Hal tersebut tentu akan mengancam krisis pangan di sini, maka kami mengantisipasi hal tersebut, ini waktu yang ideal untuk diberikan pupuk," ujar dia.

Nur menambahkan masalah pupuk kerap terjadi di NTT, terutama saat musim tanam tiba, padahal salah satu penentu panen adalah ketersediaan pupuk.

"Sekarang kan pupuk tidak dijual sembarangan, harus melalui koperasi atau yang memiliki izin. Sementara mereka sendiri tidak ada kepastian kapan pupuk itu ada," sebut dia.

Sukarelawan Mak Ganjar memberikan bantuan pupuk dan bibit kepada sejumlah kelompok tani di NTT.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News