Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Natural di Cibinong

Mak Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Sabun Natural di Cibinong
Mak Ganjar Jawa Barat menggelar Pelatihan Pembuatan Sabun Natural Dengan Penambahan Madu dan Polen di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis (16/2). Foto Mak Ganjar

jpnn.com, CIBINONG - Mak Ganjar Jawa Barat menggelar Pelatihan Pembuatan Sabun Natural Dengan Penambahan Madu dan Polen di Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (16/2).

"Kami mengadakan kursus industri rumahan dengan gelar kegiatan pelatihan pembuatan sabun natural. Tujuannya untuk memberdayakan mak-mak di Cibinong dan berkreasi dengan menciptkan industri rumahan," ujar Koordinator Wilayah (Korwil) Mak Ganjar Jawa Barat, Nurapsi.

Nurapsi menjelaskan pentingnya pelatihan tersebut diadakan, mengingat peran perempuan di era saat ini dituntut untuk lebih kreatif, meski hanya menjadi seorang ibu rumah tangga.

Kegiatan tersebut menuai respons positif dari para warga yang tergabung sebagai peserta.

Menurut Nurapsi, banyak warga yang terinspirasi mengembangkan produk lainnya sehingga menjadi nilai ekonomi.

"Alhamdullilah para mak-mak di sini merespons baik kegiatan itu, mereka mengaku terbantu dengan adanya kegiatan ini yang dinilai memberikan manfaat dan inspirasi baru dalam mengembangkan produk lainnya," katanya.

Warga berharap kegiatan tersebut akan terus dilanjutkan dan menciptakan produk yang siap dipasarkan di masyarakat.

"Tentu kami tampung harapan para mak-mak untuk melanjutkan kegiatan ini pada tahap pembinaan, setelah diajarkan proses produksinya, selanjutnya dapat dilanjutkan dengan cara pemasaran melalui platform digital dan membangun koperasi, tentu akan kami kawal terus mudah-mudahan berjalan dengan lancar," serunya.

Warga berharap kegiatan Mak Ganjar akan terus dilanjutkan dan menciptakan produk yang siap dipasarkan di masyarakat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News