Mak-Mak Jangan Asal Pilih Tisu dan Popok untuk Bayi, Berbahaya!

Mak-Mak Jangan Asal Pilih Tisu dan Popok untuk Bayi, Berbahaya!
dr Ferdy Limawal, SpA., menyampaikan para ibu harus hati-hati memilih tisu basah dan popok untuk bayi. Akibatnya bisa fatal. Foto dok. Offspring

jpnn.com, JAKARTA - Kulit bayi baru lahir sepertiga kali lebih tipis dari kulit orang dewasa, sehingga sangat sensitif dan rentan teriritasi.

Itu sebabnya, penting memilih produk yang tepat, aman dan terpercaya untuk si kecil terutama yang berhubungan langsung dengan kulit bayi, seperti tisu basah dan popok sekali pakai atau diaper.

“Kulit bayi itu lapisannya masih sangat tipis, jadi wajar kalau rentan iritasi. Salah satu gangguan kulit yang sering terjadi pada bayi adalah ruam popok," kata dokter Spesialis Anak, Ferdy Limawal, SpA., dalam keterangannya dikutip Senin (4/9).

Penyebabnya biasanya karena terlalu lama terpapar feses atau urine. Selain itu, bisa jadi karena popok atau diaper yang digunakan bayi bahannya kurang lembut, bahkan mengandung zat kimia berbahaya seperti pemutih dan pewangi.

Dokter Ferdy menambahkan meski ruam popok merupakan kasus yang umum terjadi dan tidak mengancam jiwa, tetapi tetap harus segera diatasi dan diketahui penyebabnya, karena dapat menimbulkan infeksi.   

Infeksinya itu bisa menimbulkan luka disekitar lipatan paha dan bokong. Akibatnya bayi akan terus rewel karena merasa tidak nyaman. 

"Nah, kalau terus-terusan rewel, tumbuh kembang si kecil bisa terganggu,” ujarnya.

Dijelaskannya ketika dilahirkan, kondisi kulit bayi belum berkembang sempurna, dengan kata lain kulitnya masih terlindungi selimut pelindung lembut pertamanya yang disebut Vernix Caseosa atau lapisan keju.

dr Ferdy Limawal, SpA., menyampaikan para ibu harus hati-hati memilih tisu basah dan popok untuk bayi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News