JPNN.com

Makan Yoghurt Ampuh Cegah Gigi Berlubang?

Jumat, 12 Juli 2019 – 16:01 WIB Makan Yoghurt Ampuh Cegah Gigi Berlubang? - JPNN.com

jpnn.com - Perubahan pola makan dan gaya hidup yang kekinian ternyata menyebabkan kesehatan rongga mulut semakin buruk. Tak heran, kasus gigi berlubangsemakin sering ditemukan pada semua rentang usia.

Nah, bagi Anda yang tak ingin mengalami gigi berlubang, salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah mengonsumsi yoghurt secara rutin dan teratur. Menurut beberapa penelitian, produk olahan susu itu mampu menurunkan risiko terjadinya gigi berlubang berkat kandungan probiotik di dalamnya.

Yoghurt untuk kesehatan gigi dan mulut

Yoghurt mengandung probiotik alias bakteri baik, yang juga hidup di dalam tubuh manusia. Bakteri baik pada yoghurt (lactobacillus) mampu mengurangi jumlah pertumbuhan bakteri jahat (streptococcus mutants) di dalam air ludah dan plak gigi.

Perlu Anda ketahui, Streptococcus mutans adalah jenis bakteri jahat yang berkumpul menempati plak gigi atau sisa makanan yang menempel pada gigi. Bakteri jahat tersebut mengubah sisa makanan yang menyangkut di gigi menjadi zat asam, yang kemudian menyebabkan gigi mengalami proses demineralisasi.

Pada gigi yang mengalami demineralisasi, mineral-mineral pada lapisan enamel gigi akan larut dan terbuang sehingga terjadilah karies gigi. Apabila ini terjadi, maka akan terlihat bintik putih atau cokelat di bagian enamel gigi.

Pada penelitian dalam Journal of Applied Pharmaceutical Science dan European Journal of Clinical Nutrition, orang yang mengonsumsi yoghurt mengandung lactobacillus reuteri selama 2 minggu ditemukan mengalami penurunan jumlah bakteri Streptococcus pada air ludah miliknya.

Senada dengan itu, penelitian dalam Coqueiro et al. Nutrire juga menyebut bahwa anak-anak yang mengonsumsi yoghurt mengandung Lactobacillus rhamnosus selama 14 hari mengalami penurunan jumlah bakteri Streptococcus mutans di dalam air ludah mereka.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...