Makassar Buat Perahu Pinisi Untuk ke Tanah Suci

Makassar Buat Perahu Pinisi Untuk ke Tanah Suci
Makassar Buat Perahu Pinisi Untuk ke Tanah Suci. Getty Images

MAKASSAR -- Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan menyambut baik gagasan Yayasan Makassar Sikalia yang akan membuat dua unit perahu pinisi. Anggarannya berasal swadaya masyarakat.

    

Rencananya dari dua unit pinisi tersebut, satu di antaranya akan dimanfaatkan berlayar ke Tanah Suci. Tujuannya untuk mengembalikan kejayaan pinisi yang pada zaman dahulu digunakan mengarungi samudra mulai Asia hingga Eropa.

    

Satu Pinisi lainnya akan digunakan sebagai objek wisata di Pantai Losari. Perahu yang ditempatkan di situ hanya akan berkeliling di laut Makassar, terutama di sekitar Losari. Ini akan menjadi objek studi tur untuk mengenalkan kepada para pengunjung tentang kebesaran Pinisi masa lalu.

    

"Ide dasarnya karena kita malu, Makassar tidak punya identitas," ujar Ketua I Yayasan Makassar Sikalia, Sapril Akhmady, usai launching program "Pinisi untuk Makassar" di rumah pribadi Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, di Jalan Amirullah, Kamis (29/5).

    

MAKASSAR -- Pemerintah Kota Makassar, Sulawesi Selatan menyambut baik gagasan Yayasan Makassar Sikalia yang akan membuat dua unit perahu pinisi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News