Makin Dekat Pencoblosan, Elektabilitas PSI Terus Bergerak Naik

Makin Dekat Pencoblosan, Elektabilitas PSI Terus Bergerak Naik
PSI. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Temuan survei Charta Politika pada 19 sampai 25 Maret 2019 menyatakan PAN, PPP, PSI, dan Perindo, memiliki elektabilitas di antara dua sampai empat persen.

Direktur Riset Charta Politika Muslimin menyebut, hitungan kasat mata, keempat partai itu terancam tidak lolos ke parlemen. Sebuah partai lolos parlemen ketika memenuhi syarat 4 persen parlementary treshold.

Hanya saja, keempat partai itu masih berpeluang lolos ke parlemen. Sebab, survei Charta Politika memiliki margin of error sekitar 2,19 persen.

"Kalau dilihat, empat partai ini, punya kesempatan lolos karena terdapat margin of error," kata Muslimin di Jakarta Selatan, Kamis (4/4).

Dia mencontohkan, hasil survei Charta mencatat elektabilitas PSI sebesar 2,2 persen. Di sisi lain Angka elektabilitas PSI melonjak ketika diakumulasikan dengan margin of error. "Artinya kalau dari sisi margin of error, PSI kemudian bisa saja angkanya 4 persenan," ungkap dia.

BACA JUGA: Survei Charta Politika: Dua Parpol Baru Masih Berpeluang Lolos ke Senayan

Selain margin of error, survei ini memiliki undecided voters sebesar 11 persen. Empat partai ini harus mampu menggaet undecided voters untuk meningkatkan suara.

"Ada kecenderungan empat partai ini lolos. Kemudian ada juga undecided voters sebelas persen. Saya kira empat partai ini punya peluang lolos dengan catatan partai ini mampu mengambil sisa suara," pungkas dia.

Temuan survei Charta Politika pada 19 sampai 25 Maret 2019 menyatakan PSI, dan Perindo, memiliki elektabilitas di antara dua sampai empat persen. Namun, kedua partai itu masih berpeluang lolos PT

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News