Maknai Sumpah Pemuda, Habib Aboe: Utamakan Kepentingan Bangsa Bukan Asing

Maknai Sumpah Pemuda, Habib Aboe: Utamakan Kepentingan Bangsa Bukan Asing
Habib Aboe Bakar Al Habsy maknai Sumpah Pemuda. Foto: dok jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Jelang peringatan Hari Sumpah Pemuda pada 28 Oktober, anggota Komisi III DPR Habib Aboe Bakar Al Habsy mengatakan, momen tersebut memiliki makna sangat penting untuk semua.

Peringatan Sumpah Pemuda bagi Habib Aboe mengingatkan arti penting persatuan.

"Bahwa dengan persatuan, kita dapat merebut kemerdekaan. Tentunya saat ini dengan persatuan pula kita akan bisa mempertahankan kemerdekaan," kata Habib Aboe, Selasa (27/10).

Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) itu menambahkan, Sumpah Pemuda mengingatkan agar tidak mudah diadu domba antarsesama anak bangsa.

"Kesadaran ini sangat penting di era global yang didominasi dengan perang asimetris menggunakan pendekatan proxy war," ungkap Habib Aboe.

Tidak kalah penting, lanjutnya, Sumpah Pemuda memberikan nilai nasionalisme yang kuat. Masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai suku disatukan menjadi satu bangsa dan tanah air.

"Ini mengandung makna agar kita selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok," kata Habib Aboe yang juga sekretaris jenderal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Ia menambahkan, semangat nasionalisme ini juga mengingatkan agar tidak menjadi bagian pihak yang memuluskan kepentingan asing di Bumi Pertiwi.

Habib Aboe mengingatkan kesadaran untuk tidak mudah dibenturkan antarsesama anak bangsa sangat penting di tengah era global saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News