Maksud Tersembunyi Presiden Tiongkok Berkunjung ke Korut

Maksud Tersembunyi Presiden Tiongkok Berkunjung ke Korut
Presiden Tiongkok Xi Jinping mendapat sambutan meriah di ibu kota Korut, Pyongyang. Foto: AP

jpnn.com, PYONGYANG - Xi Jinping resmi menjadi pemimpin Tiongkok pertama yang menginjakkan kaki di tanah Korea Utara (Korut) dalam 14 tahun terakhir.

Kemarin, Kamis (20/6), dia bersama Ibu Negara Peng Liyuan dan beberapa pejabat tinggi dijamu langsung oleh Pemimpin Korut Kim Jong-un. Sejumlah pengamat menilai petinggi Negeri Panda itu punya maksud tersembunyi.

BACA JUGA: Tiongkok Setop Ekspor Komponen Nuklir ke Korut

Baca Juga:

Di sisi lain, penyambutan Xi sangat meriah. Sebanyak 21 tembakan salvo mengiringi awal pawai kedua kepala negara. Pria 66 tahun tersebut dibawa menyusuri jalanan penuh penduduk yang mengibarkan bendera kedua negara.

Dia bahkan dibawa ke Istana Kumsusan, makam pendiri Korut Kim Il Sung, dan penerusnya, Kim Jong Il.

''Keduanya sedang berselisih dengan negara yang sama, AS. Jadi, mereka pasti punya banyak hal untuk dibahas,'' ujar Wakil Duta Besar Tiongkok untuk Pakistan Lijian Zhao, sebagaimana dilansir Agence France-Presse.

Pengamat Korut Lim Eul-chul memprediksi bahwa pertemuan itu tidak akan menghasilkan kesepakatan yang signifikan. (bil/c18/dos)


Xi Jinping resmi menjadi pemimpin Tiongkok pertama yang menginjakkan kaki di tanah Korea Utara (Korut) dalam 14 tahun terakhirX


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Jawa Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News