Malam Pertama Ramadan Nanti, Sebaiknya Jangan Tinggalkan 3 Amalan Ini

Malam Pertama Ramadan Nanti, Sebaiknya Jangan Tinggalkan 3 Amalan Ini
Berikut 3 amalan di malam pertama Ramadan yang sebaiknya jangan ditinggalkan, mulai dari membaca doa yang diajarkan Nabi Muhammad hingga surat Al-Fath. ilustrasi/Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat atau penetapan awal Ramadan 1444 Hijriah pada hari ini, Rabu (22/3), untuk menentukan awal puasa 2023.

Sidang isbat yang didahului dengan Seminar Pemaparan Posisi Hilal yang akan disampaikan Rim Hisab Rukyat Kemenag akan dilaksanakan secara luring di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama, Jakarta.

Terlepas dari apapun hasil sidang rukyat nanti, ada hal penting yang perlu diketahui umat Islam jika 1 Ramadan 1444 H jatuh pada 23 Maret 2023, Kamis besok.

Hal itu berkaitan dengan keistimewaan malam pertama Ramadan.

Seusai sabda Nabi Muhammad seperti diriwayatkan HR Baihaqi.

"Di malam pertama, Allah subhanahu wa ta'ala memandang hamba-nya (dengan pandangan Rahmat). Barangsiapa yang mendapat pandangan Allah, maka tidak akan diazab-Nya."

Berikut tiga amalan yang sebaiknya jangan ditinggalkan di malam pertama Ramadan:

Pertama, membaca doa penting yang diajarkan Nabi Muhammad supaya mendapatkan kesehatan, kekuatan dan keselamatan untuk beribadah selama bulan Ramadan.

"Doa itu berawal dari hadis riwayat Imam At-Tarmidzi nomor 3451," kata ulama terkemuka Ustaz Adi Hidayat yang dikutip dari channel resminya di YouTube, Rabu (22/3).

Berikut 3 amalan di malam pertama Ramadan yang sebaiknya jangan ditinggalkan, mulai dari membaca doa yang diajarkan Nabi Muhammad hingga surat Al-Fath

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News