Malaysia Tolak Masuk 1.000 Calon TKI

Malaysia Tolak Masuk 1.000 Calon TKI
TKI

jpnn.com, NUNUKAN - Pemerintah Malaysia kini mulai melakukan operasi pemeriksaan dokumen keimigrasian secara besar-besaran kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di wilayah Sabah, Malaysia.

Para TKI yang ingin berangkat melalui Nunukan diperiksa dengan ketat.

Kepala Imigrasi Kelas II Nunukan, Kalimantan Utara, Ferry Herling South menjelaskan, keberangkatan ribuan calon TKI ditunda dan dilakukan di Nunukan.

"Ada penundaan ribuan CTKI ke Malaysia," katanya kepada Radar Nunukan (Jawa Pos Group).

Saat ini sekitar 1.000 CTKI ditolak untuk membuat paspor. Penundaan keberangkatan CTKI dilakukan karena berkas permohonan pembuatan paspor tidak lengkap.

Dia menambahkan, warga negara Indonesia (WNI) yang ingin ke Malaysia untuk melakukan kunjungan biasa bisa mendapatkan paspor.

Namun, jika ingin bekerja, WNI harus menyiapkan berkas dokumen yang lengkap berupa paspor dan persyaratan lain untuk menjadi TKI.

''Imigrasi Kelas II Nunukan telah mengirimkan data ke Dirjen Imigrasi mengenai data TKI yang ditunda keberangkatannya,'' tambah Ferry.

Pemerintah Malaysia kini mulai melakukan operasi pemeriksaan dokumen keimigrasian secara besar-besaran kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News