Mammogram Tahunan Bisa Ungkap Risiko Penyakit Jantung

Mammogram Tahunan Bisa Ungkap Risiko Penyakit Jantung
Ilustrasi. Foto: Health

jpnn.com - Bagi wanita di usia 40-an, menjalani pemeriksaan mammogram tahunan penting untuk mendeteksi kanker payudara. Kini penelitian baru juga telah menemukan hal yang berbeda.

Sebuah studi oleh Dr. Laurie Margolies, seorang profesor radiologi di Mount Sinai School of Medicine di New York mengungkapkan hal itu bisa mengungkap risiko penyakit jantung pada wanita.

Margolies menemukan bahwa hampir 70 persen dari mammogram dengan klasifikasi arteri payudara (pengerasan pembuluh darah, yang membuat lebih sulit darah untuk melewati) berkorelasi dengan kehadiran kalsium arteri koroner.

Ini adalah penemuan penting. Jika ada klasifikasi di arteri payudara, maka ada kemungkinan kalsifikasi di arteri yang mengambil darah ke jantung dan terjadi peningkatan risiko untuk serangan jantung.

" Kita bisa mengurangi jumlah perempuan yang memiliki serangan jantung atau stroke pada usia 50 tahunan, 60-an dan 70-an dengan melihat mammogram saat mereka berusia 40 dan 50-an," jelas Margolies seperti dilansir dari laman Today.

Sampai saat ini, kebanyakan dokter mengabaikan kalsifikasi ini karena bukan merupakan indikator untuk kanker. Namun, sekarang hal ini bisa menandakan pertemuan lanjutan dengan kardiolog.

" Mudah-mudahan itu bisa menyebabkan beberapa wanita untuk menyelidiki kesehatan jantung mereka," kata Margolies. Sebuah pertanyaan besar adalah apakah mencari kalsifikasi harus menjadi standar perawatan.

" Tidak ada konsensus apakah ini harus dilakukan secara rutin dan berulang-ulang," kata NBC News kontributor medis, Dr. Natalie Azar.(fny/jpnn)


Bagi wanita di usia 40-an, menjalani pemeriksaan mammogram tahunan penting untuk mendeteksi kanker payudara. Kini penelitian baru juga telah menemukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News