Mampu Stabilkan Ekonomi saat Krisis Jadi Modal Airlangga di Pilpres 2024

Mampu Stabilkan Ekonomi saat Krisis Jadi Modal Airlangga di Pilpres 2024
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Kemenko Perekonomian

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarrudin sepakat rekam jejak menjadi nilai penting bagi para calon presiden, salah satunya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ujang menilai, ekonomi Indonesia saat ini relatif stabil dibanding negara lain. Hal itu bisa menjadi nilai positif bagi Airlangga yang juga menjabat sebagai Menteri Perekonomian itu dalam menarik simpati publik.

"Ya kalau dari rekam jejak, kinerja mungkin bisa ya bisa saja karena ekonomi kita kan relatif stabil dibandingkan negara lain. Nah salah satunya karena peran Airlangga sebagai Menko," ujarnya saat dihubungi, Rabu (25/1).

Ujang mengatakan sejumlah kebijakan dikeluarkan Airlangga selama menjadi menteri cukup menjadi modal dasar untuk dipertimbangkan rakyat dalam pemilihan presiden 2024.

"Yang mestinya begitu, mestinya kinerja, latar belakang menjadi pertimbangan utama dari pemilihan capres maupun cawapres (ketimbang popularitas)," ujarnya.

Namun, Ujang mengatakan tim pendukung Airlangga punya pekerjaan rumah yang besar dalam rangka meningkatkan elektabilitas. Kebijakan yang bagus dan positif mestinya berkorelasi atau paralel dengan elektabilitas.

"Seperti tentang prestasi, rekam jejak, integritas, visi misi dan lain-lain itu sangat penting. Kita ini pemilihannya pemilihan langsung gitu ya maka soal elektabilitas itu menjadi faktor penting bagi capres, Itu yang harus menjadi evaluasi nanti pak Airlangga dan timnya," tambahnya.

Ujang juga menyarankan Airlangga melakukan pendekatan dan sentuhan berbasis kerakyatan. Hal ini dibutuhkan mengingat rakyat Indonesia masih banyak yang miskin dan tinggal di pedesaan.

Ujang mengatakan sejumlah kebijakan dikeluarkan Airlangga selama menjadi menteri cukup menjadi modal dasar untuk dipertimbangkan rakyat dalam pemilihan presiden

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News