Mana yang Lebih Penting Prokes Atau Vaksinasi Covid-19?

Mana yang Lebih Penting Prokes Atau Vaksinasi Covid-19?
Ilustrasi, memakai masker merupakan salah satu protokol kesehatan di masa pandemi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, SOLO - Pakar epidemiologi Universitas Sebelas Maret (UNS) Tonang Dwi Ardyanto menyoroti sikap sebagian orang yang merasa aman dan merdeka saat sudah dites usap antigen.

Menurutnya, tes usap antigen yang negatif Covid-19 belum menjadi jaminan orang tersebut aman dari virus corona penyebabnya.

Banyak orang lega saat mengantongi surat hasil negatif swab test yang menjadi syarat perjalanan jarak jauh menggunakan moda transportasi di masa pandemi.

Pemerintah juga secara khusus menekankan tes PCR harus diperbanyak. Ditambah diberlakukannya syarat sertifikat vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat yang ingin masuk ke pusat perbelanjaan.

Pertanyaannya, seberapa penting seseorang melakukan tes antigen sebelum naik transportasi umum?

Jika diminta memilih menjaga prokes dengan baik atau menggunakan tes antigen, Tonang mantap menjawab lebih baik menerapkan prokes dengan betul.

Pria yang juga Juru Bicara Satgas Covid-19 Rumah Sakit (RS) UNS ini mengatakan, kebijakan pemerintah dalam menekan kasus penularan Covid-19 harus tegas dan jelas.

Sebab, cakupan vaksinasi Covid-19 yang sudah diselenggarakan pemerintah hingga hari ini belum membebaskan Indonesia dari kekhawatiran terhadap krisis kesehatan di masa pandemi.

Kebijakan pemerintah dalam menekan kasus penularan Covid-19 harus tegas dan jelas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News