JPNN.com

Manfaat Melakukan Olahraga Seumur Hidup

Kamis, 09 Januari 2020 – 11:29 WIB
Manfaat Melakukan Olahraga Seumur Hidup - JPNN.com
Ilustrasi olahraga lari. Foto : Pixabay

jpnn.com - Bergerak membantu kesehatan Anda dan banyak studi yang menghubungkan dengan hasil kesehatan yang signifikan, seperti penyakit jantung, sindrom metabolik, depresi dan lain-lain.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa dua dekade gaya hidup dengan aktivitas rendah bisa menggandakan risiko kematian dini.

Penelitian ini dipresentasikan pada konferensi ESC Congress 2019 di Paris, dan dilakukan oleh para peneliti di Universitas Sains dan Teknologi Norwegia, di mana studi ini mengumpulkan informasi tentang frekuensi dan durasi waktu luang dan aktivitas fisik untuk lebih dari 23 ribu pria dan wanita di Norwegia.

Data dikumpulkan tiga kali dalam periode 22 tahun, dengan aktivitas dikategorikan tidak aktif, sedang (kurang dari dua jam per minggu), dan tinggi lebih dari dua jam per minggu.

Para peneliti membuat grup referensi, menggunakan peserta yang memiliki tingkat aktivitas tertinggi sepanjang rentang waktu.

Dibandingkan dengan kelompok referensi itu, mereka yang melaporkan tidak aktif dalam dua periode waktu pengumpulan data pertama memiliki risiko dua kali lipat meninggal karena sebab apa pun, dan 2,7 kali lipat risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular.

Orang-orang yang super aktif sejak dini, tetapi kemudian menjadi tidak bergerak mengalami risiko yang sama dengan mereka yang selalu tidak aktif.

Mereka adalah dua kali lebih mungkin meninggal selama periode tindak lanjut dibandingkan dengan mereka yang memiliki tingkat aktivitas tertinggi — menunjukkan pentingnya menjaga latihan rutin Anda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy