Mantaaap! Setelah Lebaran, 62 Pasangan Ijab Kabul

Mantaaap! Setelah Lebaran, 62 Pasangan Ijab Kabul
Buku nikah. Foto: dok.JPNN

Setelah Lebaran sejumlah pasangan langsung melaksanakan ijab kabul. Berdasar data setiap kantor urusan agama (KUA) di kecamatan di Kabupaten Prabumulih, Sumatera Selatan, ada 62 pasangan yang mendaftar pernikahan.

Di wilayah KUA Kecamatan Prabumulih Timur yang meliputi Kecamatan Prabumulih Timur dan Kecamatan Prabumulih Selatan tercatat 31 pasangan yang akan melangsungkan pernikahan.

''Bahkan, juga ada pelaksanaan pernikahan pada 8, 9, dan 10 Juli. Terdapat sembilan pasangan yang melangsungkan pernikahan selama tiga hari itu. Karena wilayah kami luas, jadi sudah banyak yang daftar,'' kata Kepala KUA Prabumulih Timur Miftahuddin.

Menurut dia, jumlah pernikahan pascalebaran memang selalu meningkat jika dibandingkan dengan bulan lain. Sebab, pasca Lebaran merupakan momen keluarga besar berkumpul. Jadi, kesempatan itu tidak dilewatkan,'' ungkapnya.

Sementara itu, untuk Kecamatan Prabumulih Barat, jika selama Ramadan hanya ada satu peristiwa pernikahan, pasca Lebaran ada 13 pasangan yang mendaftar

. ''Untuk Juli, ada 13 pasangan yang mendaftar. Itu termasuk yang melangsungkan pernikahan setelah Lebaran,'' imbuhnya.

Jika di sejumlah KUA banyak pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, di Kecamatan Rambang Kapak Tengah (RKT) jumlah peristiwa pernikahan pada pasca Lebaran belum terlalu tinggi. Terbukti, hanya ada tiga pasangan yang mendaftar.

''Baru tiga yang mendaftar di bulan Juli. Memang tidak terlalu banyak di RKT,'' tuturnya.

Miftahuddin menjelaskan, perekonomian yang tengah merosot menjadi salah satu faktor menurunnya jumlah pernikahan. (kos/JPG/c5/diq/flo/jpnn)


Setelah Lebaran sejumlah pasangan langsung melaksanakan ijab kabul. Berdasar data setiap kantor urusan agama (KUA) di kecamatan di Kabupaten Prabumulih,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News