JPNN.com

Mantan Wakil Ketua KY Nilai Dewan Pengawas Tak Melemahkan KPK

Kamis, 07 November 2019 – 23:49 WIB Mantan Wakil Ketua KY Nilai Dewan Pengawas Tak Melemahkan KPK - JPNN.com
Ilustrasi KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Komisi Yudisial Abbas Sa’id mengaku setuju dengan keberadaan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi. Dia bahkan menilai KPK sangat membutuhkan dewan pengawas.

“Menurut pandangan saya bahwasanya Dewan Pengawas sangat diperlukan,” kata Abbas dalam diskusi “Mengintip Figur Dewan Pengawas KPK” di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (7/11).

Abbas melihat sejauh ini berkembang dua pendapat terkait keberadaan Dewas. Ada yang menganggap melemahkan, ada pula yang menyatakan bahwa keberadaan Dewas memberikan dorongan moral kepada KPK. Menurut dia, tentu pandangan-pandangan itu memiliki dasar. “Kalau saya melihat, mungkin masih diperlukan,” tegasnya.

Menurut dia, kalau Dewan Pengawas ini diduduki orang yang tidak kapabel, tak kompeten malah akan terkesan dapat melemahkan KPK. Sebaliknya, kalau orang yang punya pengalaman luas, tidak menjadi masalah. “Malah memberikan bobot yang lebih bagus jadinya,” tegasnya.

Lebih jauh dia mengatakan korupsi bukan persoalan baru. Terpenting adalah pencegahan, bukan hanya sekadar penindakan. Dia menegaskan keberhasilan pemberantasan korupsi bukanlah dilihat dari berapa banyak orang yang ditangkap. Karena itu, dia meminta Dewas KPK nanti perlu menyosialisasikan dan menumbuhkan kepada masyarakat agar mau membantu KPK memberantas korupsi ini.

“Saya sekali lagi ingin mengatakan bahwa pengawasan bukan untuk melemahkan tetapi untuk men-support agar supaya semua tatanan hukum bisa berjalan dengan baik, sebab yang namanya manusia itu tak sempurna,” kata Abbas.

Jadi, Abbas menegaskan tidak usah takut dengan kehadiran Dewas KPK. Biarkan mereka bekerja terlebih dahulu. Tinggal dilihat mana kekurangan dan kelebihannya. Kalau ada kekurangan dan kelemahannya, tentu harus diperbaiki bersama-sama. “Yang penting biarlah Dewan Pengawas yang dipilih presiden bekerja dan kita support, dan bantu supaya KPK ini lebih kuat,” ujar Abbas.

Dewas KPK akan dilantik bersama pimpinan KPK oleh Presiden Jokowi pada Desember 2019 nanti. Saat ini, Presiden Jokowi tengah melakukan penggodokan nama yang akan dipilih menjadi ketua dan anggota Dewas KPK.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...