Mantap! Rupiah Hari Ini Tetap Berjaya hingga Penutupan Pasar

Mantap! Rupiah Hari Ini Tetap Berjaya hingga Penutupan Pasar
Rupiah sepanjang hari berjaya melawan USD dan ditutup menguat 48 poin dampak dari keputusan The Fed yang cenderung dovish. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menilai penguatan nilai tukar (kurs) rupiah hari ini dipicu pidato Gubernur Bank Sentral Amerika Serikat The Federal Reserve Jerome Powell.

Pasalnya, Powell memaparkan keputusan yang cenderung dovish alias moneter longgar.

Rupiah ditutup menguat 48 poin atau 0,33 persen ke posisi Rp 14.370 per USD dibandingkan posisi pada penutupan perdagangan sebelumnya Rp 14.418 per USD.

"USD kembali melemah terhadap mata uang lainnya setelah pasar menganggap pidato Gubernur The Fed Jerome Powell menjadi dovish," kata Ibrahim di Jakarta, Senin (30/8).

Kendati demikian, Powell mengindikasikan tapering atau pengurangan dukungan ekonomi besar-besaran bank sentral AS harus dimulai pada akhir tahun.

Pada simposium di Jackson Hole, Wyoming, pada akhir pekan lalu, Powell tidak mengatakan kapan bank sentral akan mulai mengurangi dukungannya untuk ekonomi dan mengulangi sikap bahwa lonjakan inflasi saat ini bersifat sementara.

Powell memang menyarankan bahwa bank sentral dapat mulai mengurangi tingkat dukungan besar-besaran untuk ekonomi pada akhir tahun, tetapi tidak menyarankan terburu-buru untuk menaikkan suku bunga.

Powell juga mengatakan bahwa pasar tenaga kerja telah membaik dan jika ekonomi AS terus pulih, mungkin menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengurangi laju pembelian aset tahun ini.

Rupiah sepanjang hari berjaya melawan USD dan ditutup menguat 48 poin dampak dari keputusan The Fed yang cenderung dovish.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News