Mario Monti Gantikan Berlusconi

Mario Monti Gantikan Berlusconi
Mario Monti Gantikan Berlusconi
ROMA - Mario Monti resmi menggantikan Silvio Berlusconi sebagai perdana menteri (PM) Italia. Minggu waktu setempat (13/11) atau kemarin WIB (14/11). Setelah melewati perdebatan panjang, parlemen Italia akhirnya sepakat memberikan dukungan penuh kepada mantan komisioner Uni Eropa (UE) tersebut.

     

Setelah terpilih sebagai kepala pemerintahan yang baru, teknokrat 68 tahun itu langsung menjalankan tugas pertamanya. Yakni, menyusun kabinet baru. Sebagai tokoh independen, Monti pun diprediksi tak akan terlalu banyak memasukkan politisi dalam kabinetnya. Jika prosesnya lancar, parlemen Italia akan menggelar pemungutan suara untuk menerima atau menolak kabinet Monti pada akhirnya pekan ini.

   

"Italia harus bisa kembali menjadi elemen kuat dan bahkan harus menjadi lebih kuat d    alam forum Uni Eropa (UE). Apalagi, kita pula yang dulu menggagas komunitas ini. Kita harus menjadi protagonis," papar mantan rektor Bocconi University di Kota Milan tersebut.

Monti menegaskan bahwa pemerintahannya akan fokus pada skenario penghematan yang pekan lalu resmi disahkan parlemen. Skenario penghematan itu menjadi satu-satunya jalan bagi pemerintahan baru Italia untuk lepas dari krisis.

ROMA - Mario Monti resmi menggantikan Silvio Berlusconi sebagai perdana menteri (PM) Italia. Minggu waktu setempat (13/11) atau kemarin WIB (14/11).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News