Marquez Gila, Dovi Lakoni Misi Mustahil di MotoGP Valencia

Marquez Gila, Dovi Lakoni Misi Mustahil di MotoGP Valencia
Andrea Dovizioso (kiri) dan Marc Marquez. Foto: GPOne

jpnn.com, VALENCIA - Juara dunia tahun lalu, Marc Marquez bikin penggila MotoGP geleng-geleng kepala sepanjang rangkaian latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Valencia. Dua kali bintang Repsol Honda itu terjatuh. Namun tetap saja, dia mampu meraih pole position untuk balapan di Sirkuit Ricardo Tormo, Minggu (12/11) malam mulai pukul 20.00 WIB.

Marquez terjatuh pada akhir sesi latihan bebas kedua (FP2) Jumat. Sang juara bertahan MotoGP, kehilangan cengkeraman ban depan di Tikungan 2. Akibatnya, motornya terseret keluar lintasan. Kondisinya baik-baik saja dan dengan cepat bisa berdiri kembali. Motornya pun tidak mengalami kerusakan parah. Itu adalah kecelakaan ke-26 Marquez sepanjang 2017.

Insiden berikutnya terjadi pada sesi kualifikasi kedua (Q2) Sabtu malam. Setelah kembali dari garasi di paro kedua sesi, pembalap 24 tahun itu melakukan lap ketiganya di Q2. Namun saat meluncur memasuki Tikungan 4, roda depannya kehilangan cengkeraman. Marquez tampak frustasi dengan kecelakaan ke-27 yang menimpanya tersebut. 

Sempat terlihat, juara dunia tiga kali MotoGP tersebut seperti akan menendang ban depan motornya saat kembali berdiri dan menuju garasi. ''Saya marah ketika masuk pit dan saya berbicara dengan Santi (Hernandez), mekanik saya. Saya katakan kepadanya, saya tidak nyaman dengan sisi kanan ban depan saat di Tikungan 4. Tapi saya tetap mencobanya dan terjatuh,'' katanya usai sesi kualifikasi.

Pada Lap 2, rider berjuluk Baby Alien tersebut mampu menajamkan catatan waktunya menjadi 1 menit 29,897 detik. Dialah rider pertama dan satu-satunya yang mampu mendobrak tembok 1 menit 30 detik pada sesi kualifikasi MotoGP Valencia 2017.

Posisi start terdepan sangat penting bagi Marquez. Dia bisa mengontrol balapan dengan posisi itu. ''Saya hanya butuh menjaga mentalitas yang sama (dengan balapan sebelumnya) dan menjaga konsentrasi,'' tambah Marquez,

Dari kubu rival, pembalap Ducati Andrea Dovizioso gagal menemukan performa terbaiknya di sesi kualifikasi. Dia hanya bisa finis di posisi sembilan dan akan start dari baris ketiga hari ini. Catatan waktu terbaiknya lebih lambat 1,064 detik dari pemegang pole.

Misi Dovi bakal superberat hari ini. Dengan posisi start yang kurang ideal, rider Italia itu harus bertarung habis-habisan untuk memenangi balapan. Karena tanpa kemenangan di Valencia, gelar juara dunia sudah pasti menjadi jatah Marquez.

Aksi Marc Marquez di latihan bebas dan kualifikasi MotoGP Valencia bikin geleng-geleng kepala.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News