Marquez Masuk Neraka MotoGP Catalunya, Singgung Indonesia

Marquez Masuk Neraka MotoGP Catalunya, Singgung Indonesia
Marc MArquez di atas motor milik Gresini. Foto: diambil dari motogp

jpnn.com - BARCELONA - Marc Marquez gagal masuk Top 10 Practice MotoGP Catalunya di Circuit de Barcelona, Jumat (24/5) malam WIB.

Itu memaksa Marc harus melakoni salah satu mimpi buruk para pembalap, yakni kualifikasi 1 (Q1). Kontestan Q1 merupakan para pembalap di luar 10 Besar, rider yang gagal mendapat akses langsung ke kualifikasi utama (Q2).

Kenapa Q1 bak neraka buat para pembalap? Itu lantaran mereka harus mati-matian memperebutkan posisi Top 2 agar bisa mengikuti kualifikasi utama.

Peserta Q2 minimal sudah mengamankan posisi start di urutan ke-12 saat sprint dan race.

Di Circuit de Barcelona, Montmelo, tantangan yang harus dihadapi banyak pembalap lebih tinggi, karena tingkat cengkeraman motor (ban) lebih rendah.

Itu juga yang menjadi salah satu penyebab banyak rider terjatuh saat latihan di Montmelo. Mereka mungkin lupa bahwa kemungkinan motor akan terangkat atau melayang di sirkuit itu lebih tinggi ketimbang di tempat lain.

Marquez mengatakan dia tidak terlalu kaget mendapat nasib harus menjalani neraka di MotoGP Catalunya.

"Montmelo adalah salah satu dari tiga atau empat trek yang sulit buat saya. Tentu saja saya sudah berusaha menghindari (Q1), tetapi kami sudah memperkirakan akan kesulitan di sini,” ujar Marc Marquez.

Marc Marquez gagal menembus Top 10 Practice MotoGP Catalunya dan terpaksa masuk neraka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News