Marwan: Desa Sejahtera, Warga tak Perlu Lagi Migrasi ke Kota

Marwan: Desa Sejahtera, Warga tak Perlu Lagi Migrasi ke Kota
Marwan: Desa Sejahtera, Warga tak Perlu Lagi Migrasi ke Kota. Foto JPNN.com

jpnn.com - BOGOR - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar melakukan blusukan di desa-desa Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Salah satu wilayah yang didatanginya adalah Desa Babakan, Ciseeng yang wilayahnya sudah disulap menjadi kawasan minapolitan.

Kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengaku salut dengan potensi dan warga Babakan. Alasannya, wilayah ini disulap menjadi kawasan minapolitan dengan menjadikan fungsi utama ekonomi yang terdiri dari sentra produksi, pengolahan, pemasaran komoditas perikanan dan pelayanan jasa lainnya.

"Penduduk desa tidak perlu lagi migrasi ke kota. Karena budidaya lele, ikan hias, dan gurame bisa mensejahterakan masyarakatnya," kata Marwan, Minggu, (18/1).

Sebelumnya Marwan mendatangi perkebunan Jambu Kristal di Desa Cikarawang. Di Desa Babakan, Menteri Marwan melihat budidaya dan pakan ikan yang dikelola oleh masyarakat setempat. Untuk ke lokasi budidaya ikan lele, Marwan harus menelusuri jalan berlumpur.

"Ternyata ditemukan kendala, yakni harga pakan di sini masih sangat mahal, ini PR kita bagaimana pakan lele, gurame bisa lancar dan murah," ujarnya.

Dalam blusukan ke tambak, Marwan juga menyempatkan bertemu dengan masyarakat dan berdialog potensi-potensi ekonomi setempat. "Kecamatan Ciseeng ini ada 10 desa,  nanti akan dibuat bumdes secara serentak. Sekarang sedang diurus legalitasnya, sehingga 4-5 bulan bisa berdiri," kata Marwan. (awa/jpnn)


BOGOR - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar melakukan blusukan di desa-desa Kabupaten Bogor, Jawa Barat.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News