Mas Agus Sering Pakai Kata Saya, Bisa Jadi Ini Sebabnya

Mas Agus Sering Pakai Kata Saya, Bisa Jadi Ini Sebabnya
Agus Harimurti Yudhoyono. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Debat putaran pertama kontestan pemilihan gubernur DKI Jakarta pekan lalu masih jadi bahan diskusi. Setidaknya ada beberapa hal mencolok yang ditemukan saat debat pertama.

Menurut pakar mikroekspresi dari Universitas Indonesia (UI) Monica Kumalasari, ada catatannya yang menarik soal bahasa tubuh dari tiga pasang calon yang berdebat. Namun, sorotan Monica mengarah ke duet Agus Yudhoyono-Sylviana Murni.

Monica mengatakan, Agus dalam debat perdana itu terlalu sering menggunakan kata 'saya' ketika menyampaikan visi misi serta programnya. Dari situ, Monica menilai Agus sebagai sosok egois.

"Itu verbal style-nya. Di sini bisa dilihat ternyata kamu (Agus) kalau ada apa-apa selalu mengutamakan diri sendiri. Padahal ini kerja tim," ujar Monica usai mengikuti sebuah diskusi di Gado-Gado Boplo, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (21/1).

Sementara untuk Sylviana Murni yang mendampingi Agus, Monica menilai bekas birokrat di Pemprov DKI itu terlalu banyak mengutarakan kalimat retoris. Sehingga, waktu yang disediakan moderator untuk menjelaskan gagasannya tidak dimanfaatkan dengan baik.

"Jadi seperti storytelling. Prolognya itu terlalu banyak sehingga masyarakat juga capek. Kan waktunya terbatas. Itu yang perlu diperbaiki dari situ," pungkas Monica. (uya/JPG)


Debat putaran pertama kontestan pemilihan gubernur DKI Jakarta pekan lalu masih jadi bahan diskusi. Setidaknya ada beberapa hal mencolok yang ditemukan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News