Mas Nadiem, Guru Juga Perlu Dilatih Agar Belajar dari Rumah Menyenangkan

Mas Nadiem, Guru Juga Perlu Dilatih Agar Belajar dari Rumah Menyenangkan
Mendikbud Nadiem Makarim. Ilustrasi Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim diharapkan juga memberikan pelatihan kilat secara virtual kepada para guru yang menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dari rumah, selama pandemi corona (Covid-19).

"Sembari menjalankan tugas mengelola PJJ, guru juga perlu berlatih mengelola belajar dari rumah dengan benar. Diharapkan dari pelatihan ini guru lebih inovatif, tidak hanya mengisi PJJ dengan memberi dan menagih tugas saja," ucap Anggota Kkomisi X DPR RI Prof Zainuddin Maliki, saat dikonfirmasi jpnn.com, Kamis (30/4).

Legislator PAN itu menyebutkan bahwa PJJ yang dijalankan dalam masa darurat Covid-19, tentu masih ada kekurangan karena banyak dimensi yang dipertimbangkan.

Guru harus memastikan siswa mengetahui apa yang diharapkan dari PJJ ini, sekaligus bisa melakukan semua tindakan dan kegiatan yang diperlukan ketika belajar dari rumah berlangsung.

"Perlu kemampuan tertentu untuk bisa mempersiapkan dan mengimplementasikan materi dalam sesi PJJ yang tidak membikin siswa jenuh. Sebaliknya mendorong siswa aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan," jelas politikus asal Jawa Timur ini.

Mantan rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya ini mengatakan, mentransformasikan materi PJJ dari rumah sangat berbeda dengan belajar di sekolah. Guru juga tidak bisa mengajar dengan membayangkan semua siswa didiknya berada di lingkungan yang sama.

"Tidak semua siswa didik tinggal di rumah yang kondusif untuk belajar. Kemdikbud harus bisa memfasilitasi sarana yang bisa membantu guru untuk tetap bisa mengetahui dan memahami kondisi siswanya di rumah masing-masing," tutur Prof Zainuddin.

Karena PJJ ini sesuatu yang kompleks, Prof Zainuddin tetap mendorong Kemendikbud bisa memfasilitasi guru menyisihkan waktunya untuk meningkatkan kemampuan menggunakan teknologi pembelajaran daring.

Guru juga tidak bisa mengajar dengan membayangkan semua siswa didiknya berada di lingkungan yang sama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News