Masa Mudik Lebaran, Basarnas Siapkan 4 Helikopter, Begini Penampakannya

Masa Mudik Lebaran, Basarnas Siapkan 4 Helikopter, Begini Penampakannya
Helikopter Basarnas saat simulasi penanganan kecelakaan di Tol Trans Merak, Rabu (20/4) lalu. Foto: Dokumentasi Basarnas

jpnn.com, JAKARTA - Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyiagakan personel serta sarana dan prasarana di beberapa titik jalur mudik.

Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi mengatakan personel SAR ditempatkan di titik yang menjadi pusat arus mudik, seperti jalur Transjawa.

Penempatan personel serta sarana dan prasarana SAR itu guna mengantisipasi kondisi darurat terhadap kecelakaan transportasi secara professional bersinergi dengan pihak terkait.

"Kami akan siagakan personel di setiap daerah guna mendukung keselamatan bagi masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran tahun ini," kata Henri dalam keterangan tertulis, Senin (25/4).

Henri menambahkan personel Basarnas juga didukung empat alat utama SAR berupa helikopter yang ditempatkan di beberapa titik.

"Selain itu, alat utama SAR laut juga disiagakan pada jalur transportasi antarpulau yang ada di setiap provinsi yang ada di wilayah Indonesia," ujar Henri.

Berikut daftar empat helikopter tersebut:

Simak! Video Pilihan Redaksi:

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) menyiagakan personel serta sarana dan prasarana di beberapa titik jalur mudik, simak selengkapnya.


Redaktur : Elvi Robiatul
Reporter : Dean Pahrevi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News