Masa Pancaroba, Waspadai DB dan ISPA

Masa Pancaroba, Waspadai DB dan ISPA
Masa Pancaroba, Waspadai DB dan ISPA

JEMBER - Tiga hari terakhir Jember diguyur hujan setiap sore. Masyarakat diminta waspada dengan potensi penyakit yang biasa muncul saat masa pancaroba atau peralihan dari musim kemarau ke hujan. Beberapa penyakit yang bisa muncul pada masa pancaroba adalah demam berdarah (DB), diare, maupun infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Yumarlis, Kasi Promosi Kesehatan dan Humas Dinas Kesehatan (Dinkes) Jember, menyatakan bahwa perubahan cuaca dari kemarau ke hujan perlu mendapat perhatian dari masyarakat. Sebab, masa itu rentan menimbulkan penyakit. ''Seperti demam berdarah (DB). Karena itu, memasuki November hingga Desember 2014 perlu diwaspadai,'' katanya.

Menurut dia, berbagai penyakit disebabkan lingkungan yang kurang bersih. Sebab, sebagian masyarakat masih kurang sadar tentang kebersihan. ''Seperti perilaku masyarakat yang tidak membuang sampah pada tempatnya,'' jelasnya. 

Selain itu, lanjut Yumarlis, perubahan cuaca bisa menurunkan daya tahan tubuh. Jadi, perlu menjaga kesehatan agar lebih baik. ''Mulai makan teratur dan olahraga rutin,'' katanya.

JEMBER - Tiga hari terakhir Jember diguyur hujan setiap sore. Masyarakat diminta waspada dengan potensi penyakit yang biasa muncul saat masa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News