Masih Ada Lebaran Ketupat, Pak Ganjar Minta Kepala Daerah Bersiaga

Selasa, 18 Mei 2021 – 23:58 WIB
Masih Ada Lebaran Ketupat, Pak Ganjar Minta Kepala Daerah Bersiaga - JPNN.com
Gubernur Ganjar Pranowo minta semua kepala daerah waspada. Foto: IG @ganjarpranowo

jpnn.com, SEMARANG - Tradisi syawalan atau lebaran ketupat yang dilakukan tepat seminggu setelah Idulfitri menjadi perhatian Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan terjadi pergerakan masyarakat yang cukup padat pada momen itu.

“Model lebaran kita ada dua. Lebaran idulfitri dan lebaran ketupat atau kupatan. Nah itu akan jatuh di hari Kamis (20/5) nanti. Semuanya harus siaga," kata Ganjar usai rapat penanganan Covid-19 di kantornya, Selasa (18/5/2021).

Apalagi, perintah larangan mudik telah berakhir pada 17 Mei kemarin sehingga, ada kemungkinan orang akan mudik setelah tanggal itu merayakan syawalan bersama keluarga.

"Kamis besok harus siap-siap karena kemungkinan akan adanya arus masyarakat mudik setelah pembatasan-pembatasan kemarin dilakukan. Tentu saya berharap, masyarakat tetap tinggal di tempat dan tidak mudik," jelasnya.

Tidak mau kecolongan, Ganjar juga telah meminta seluruh bupati dan wali kota di Jateng untuk bersiap mengantisipasi hal itu.

"Kalau itu membikin kerumunan, tidak boleh. Tapi kalau dibatasi silakan diatur. Teman-teman kabupaten/kota sampai level desa, camat dan lurah harus bekerja sama dengan Babinsa atau Babhinkamtibmas untuk mengatur. Kalau tidak bisa diatur, tidak diizinkan," tegasnya.

Selain itu, Ganjar kembali mengingatkan kemungkinan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 pascalebaran. Selama 14 hari usai lebaran ini, semua diminta siaga di daerah masing-masing.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...