JPNN.com

Masih Ada Peserta CPNS 2019 Pakai Joki, PNS Pula!

Kamis, 24 September 2020 – 21:48 WIB
Masih Ada Peserta CPNS 2019 Pakai Joki, PNS Pula! - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Biro Humas, Hukum dan Kerja Sama Badan Kepegawaian Negara (BKN) Paryono heran dengan kasus perjokian yang terjadi saat seleksi kompetensi bidang (SKB) CPNS 2019. Saat ini tahapan SKB masih bergulir.

"Secara umum, pelaksanaan ujian SKB CPNS dengan CAT (computer assisted test) BKN berjalan baik dan lancar, baik di titik lokasi (Tilok) Kantor BKN Pusat,  Kantor Regional BKN, UPT BKN maupun di titik lokasi CAT Mandiri dan cost sharing," terang Paryono, Kamis (24/9).

Pemerintah, lanjutnya, telah mengupayakan agar seleksi berjalan secara transparan, jujur, objektif, jauh dari praktik KKN dan bentuk kecurangan lainnya.

Namun, masih ada saja oknum tidak bertanggung jawab mencoba melakukan praktik kecurangan. 

Paryono menceritakan, EW (37) seorang oknum PNS Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan, Sumatera Utara tertangkap basah oleh Panselnas BKN melakukan tindakan tidak terpuji dengan nekat menjadi joki. 

EW menjadi joki untuk VS (33) yang melamar menjadi guru di instansi Pemerintah Kota Pematangsiantar. VS disebut EW sebagai saudara sepupu

"Jadi modusnya, Rabu (23/9), EW dan VS tiba di Kantor Regional VI BKN Medan Sunggal dengan pakaian hitam putih layaknya peserta ujian pada umumnya," ujar Paryono.

Saat melakukan pemeriksaan, panitia menemukan gelagat yang mencurigakan di antaranya tampak dari kehadiran EW saat injury time dan langsung ke ruang ujian tanpa lebih dahulu registrasi pin.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia