JPNN.com

Masih Kekurangan Dana, Hutama Karya Tetap Kebut Tol Sumatera

Rabu, 08 Juli 2020 – 22:00 WIB
Masih Kekurangan Dana, Hutama Karya Tetap Kebut Tol Sumatera - JPNN.com
Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat. Foto dok Hutama Karya

jpnn.com, JAKARTA - PT Hutama Karya (Persero) sedang melakukan akselerasi pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS). Menurut Wakil Komisaris Utama Hutama Karya Lukman Edy, akselerasi itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Rapat kabinet yang dipimpin Bapak Presiden Jokowi terkait perkembangan pembangunan JTTS sangat jelas arahan dan perintahnya, dipercepat," kata Lukman Edy di Jakarta, Rabu (8/7).

Mantan menteri percepatan daerah tertinggal itu menambahkan, Presiden Jokowi sangat mengandalkan pembangunan JTTS untuk mengungkit pertumbuhan ekonomi. Ruas tol yang membentang di Pulau Sumatera itu diharapkan menjadi katalisator kesejahteraan masyarakat yang merasakan langsung dampak positif konektivitas dari Lampung hingga Aceh.

Selain itu, pembangunan JTTS akan menimbulkan multiplier effect hingga tiga kali lipat dari PDB seiring dengan terbukanya konektivitas, efisiensi waktu tempuh dan tumbuhnya daerah-daerah ekonomi baru sebagaimana harapan Presiden Jokowi.

"JTTS akan menjadi daya ungkit pertumbuhan ekonomi, apalagi di tengah lesunya pertumbuhan ekonomi dunia saat ini akibat dari Covid-19," tutur pria yang beken disapa dengan panggilan LE tersebut.

Hutama Karya memperoleh penugasan menggarap JTTS berdasar Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera. Aturan itu lantas direvisi dengan Perpres No 117 Tahun 2015.

Sejauh ini Hutama Karya telah menyelesaikan tol sepanjang 700 km bagian JTTS. Namun, yang sudah dioperasikan baru 368 km.

Beberapa ruas JTTS yang sudah dioperasikan adalah Tol Bakauheni – Terbanggi Besar (Bakter) sepanjang 140 km, Tol Terbanggi – Besar – Pematang Panggang – Kayu Agung (Terpeka) sepanjang 189 km, Tol Palembang – Indralaya (Palindra) sepanjang 22 km, dan Tol Medan- Binjai (Medbin) seksi 2 dan 3 sepanjang 17 km.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara