Masih Tahap Pembangunan, Pelabuhan Patimban Akan Diserahkan ke Swasta

Masih Tahap Pembangunan, Pelabuhan Patimban Akan Diserahkan ke Swasta
Luhut B Pandjaitan. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAWA BARAT - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memastikan rencana pembangunan pelabuhan Patimban di Jawa Barat, sudah tidak ada persoalan. Nantinya, pemerintah juga akan menyerahkan pengelolaannya sepenuhnya kepada swasta.

Hal ini disampaikan Luhut usai rapat internal Kabinet Kerja dengan Presiden Joko Widodo, di Kantor Presiden, Jakarta pada Senin (24/6). Salah satu pembahasannya adalah terkait pelabuhan Patimban.

"Patimban sudah, saya kira enggak ada masalah. Jadi Patimban yang jelas itu swasta murni, tidak mau lagi ada Pelindo atau BUMN. (Swasta dari) Indonesia dan Jepang," ucap Luhut usai rapat tersebut.

Tujuan menyerahkan pengelolaan pelabuhan yang berada di Kabupaten Subang itu agar ke depan memiliki daya saing.

"Ya biar bersaing nanti antara Priok dengan Patimban. Biar ketahuan mana yang enggak efesien," tandas Luhut.

BACA JUGA: Pertengahan 2020, Pelabuhan Patimban Ditargetkan Sudah Beroperasi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai rapat itu juga menyampaikan bahwa soft opening proyek Patimban rencananya akan dilakukan Mei 2020, khusus untuk terminalnya.

"Nanti setelah itu ada kargonya akhir 2020 tahap satu. Tahap dua akan selesai dengan 3,5 juta teus kurang lebih 2023. Tahap 3 akan menjadi 7,5 juta teus pada 2027. Jadi ada tiga tahap," jelasnya.

Soft opening proyek Pelabuhan Patimban rencananya akan dilakukan Mei 2020, khusus untuk terminalnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News