Masjid Tak Hanya Sarana Ibadah tapi juga Berfungsi Sosial

Masjid Tak Hanya Sarana Ibadah tapi juga Berfungsi Sosial
Wapres Jusuf Kalla. Ilustrasi Foto: Nurhadi/Fajar/dok.JPNN.com

jpnn.com, DEPOK - Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan masjid tidak hanya menjadi sarana ibadah, namun harus mempunyai fungsi sosial bagi jemaah di sekitarnya. Karena itu, JK mengatakan, selain kesejahteraan rohani, yang dibutuhkan upaya sosial dan ekonomi untuk menyejahterahkan masyarakat di sekitarnya.

"Sehingga masjid itu berfungsi memakmurkan masyarakatnya,” kata JK saat melakukan peletakan batu pertama masjid At Thohir dan peresmian Jalan Mochamad Thohir di Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Sabtu (31/3).

JK mengatakan masjiid sebagai rumah Allah bukan hanya memberikan manfaat fisik, tetapi juga rohani yang memberikan keimanan bagi jemaahnya. Karena itu harus dilengkapi dengan berbagai kegiatan, seperti pendidikan, pengajian yang baik dan modern untuk generasi muda.

“Karena Islam Indonesia adalah Islam yang sangat modern, sehingga menjadi contoh dan pembelajaran banyak negara, bagaimana masjid itu menjadi pemersatu semua bangsa,” kata ketua umum Dewan Masjid Indonesia (DMI), itu.

JK dalam kesempatan itu kemudian menceritakan sosok almarhum Mochamad Teddy Thohir yang ia kenal sejak 50 tahun yang lalu sewaktu masih di PT Astra.

Menurut JK, Teddy Thohir seorang pekerja keras, selalu optimistis, dan selalu melihat masa depan dengan baik.

JK mendoakan masjid yang diwakafkan kepada masyarakat tersebut menjadi amal ibadah untuk seluruh keluarga dan khususnya kepada almarhum Teddy Thohir.

“Ini adalah suatu kewajiban karena diamanatkan oleh almarhum. Masjid tersebut tentu harus menjadi bagian daripada masyarakat,” kata dia.

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan masjid tidak hanya menjadi sarana ibadah, namun harus mempunyai fungsi sosial bagi jemaah di sekitarnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News