Masuk Daftar KEN 2024, Dua Festival Klungkung Siap Sambut Wisatawan

Masuk Daftar KEN 2024, Dua Festival Klungkung Siap Sambut Wisatawan
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung, Bali menggelar Festival Semarapura keempat di Catus Pata, Klungkung Bali. Foto dok Pemkab Klungkung

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klungkung masuk dalam daftar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Sebanyak dua event dari Kabupaten Klungkung, yakni Festival Semarapura dan Festival Nusa Penida menjadi bagian dari KEN 2024 dan siap menyambut kunjungan wisatawan.

PJ Bupati Klungkung I Nyoma Jendrika mengatakan, hanya tiga event Bali yang tepilih, yaitu dua dari Klungkung dan satu dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali.

"Hal ini tentu sangat membanggakan karena Klungkung menjadi satu satunya daerah yang mewakili provinsi Bali di KEN 2024," ujar I Nyoman Jendrika, dalam keterangannya, Selasa (30/1).

KEN merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf bersama Pemerintah Daerah untuk menaikkan citra pariwisata Indonesia dan penggerak kebangkitan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Proses kurasi KEN 2024 yang dilakukan pada November-Desember 2023 melibatkan tiga tahapan utama, yakni seleksi administrasi, konten, dan wawancara.

Klungkung telah melalui beberapa tahapan kurasi. Finalis KEN 2024 sebanyak 252 event lalu diseleksi lagi menjadi 100 yang terdiri dari 100 event unggulan dan top 10 event.

"Tidak semua daerah terpilih jadi saya sangat bersyukur dan bangga atas kinerja dari Dinas Pariwisata Klungkung," papar I Nyoman Jendrika.

Sebanyak dua festival Klungkung masuk dalam daftar KEN 2024 dari Kemenparekraf. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News