Masuk Rekor MURI! Sedekah Rp 622 Juta dalam 5 Menit

Masuk Rekor MURI! Sedekah Rp 622 Juta dalam 5 Menit
ASN di Pemkab Bone Bolango melakukan aksi sedekah massal. Foto: Humas Bonbol for Gorontalo Post.

jpnn.com, BONE BOLANGO - Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo mengukir sejarah, Selasa (23/1) kemarin. Dalam peringatan hari Patriotik 1942, pemkab setempat mengumpulkan sedekah dan infak sebesar Rp 622 juta hanya dalam waktu lima menit.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou, mengerahkan seluruh aparaturnya yang berjumlah lebih dari lima ribu orang, untuk memberikan sedekah dan infak pada kegiatan yang dipusatkan di halaman kantor Bupati Bone Bolango itu.

Pantauan Gorontalo Post, usai upacara Hari Patriotik 1942, para pegawai berbaris sesuai satuan kerja perangkat daerah (SKPD). Pimpinan SKPD berada di depan barisan masing-masing SKPD.

Setiap pimpinan SKPD inilah yang ditugaskan untuk memegang kardus yang sudah disiapkan pihak panitia sebagai wadah menempatkan uang sedekah langsung dari pegawai yang ada.

Setelah semua siap, barulah mulai melakukan pengumpulan. Di saat proses pengumpulan, setiap aparatur sipil negara (ASN) diwajibkan tertib dan dilarang untuk melakukan aktivitas tambahan dalam barisan. Hal itu untuk mempercepat waktu pengumpulan agar tak lewat dari lima menit.

Setiap pegawai, diharap untuk seikhlasnya menyiapkan uang minimal Rp 100 ribu untuk disedekahkan, jika ada yang lebih tentunya tidak dilarang. Saat mendengar arahan dan aba-aba barulah masing-masing ASN dalam setiap barisannya harus berjalan mengahampiri pimpinan SKPD mereka yang berada di depan barisan lalu meletakan uang ke dalam kardus yang dipegang pimpinan SKPD.

Aksi ini tampak haru saat lantunan ayat suci alquran dan salawat mengiringi pengumpulan zakat secara massal itu. Karena tepat waktu dan dilakukan serentak dengan jumlah terbanyak, MURI mencatatkanya sebagai rekor ke-8311, tertuang dalam rekor Muri 8311/R.MURI/I/2018 yang diserahkan perwakilan MURI kepada Bupati Bone Bolango Hamim Pou.

"Dengan niat baik ini kami niatkan rata-rata Rp 100 ribu per ASN, ini berguna untuk menjauhkan kami dari bala bencana, sesuai janji Tuhan apa yang kami berikan ini akan ditukar. Semoga diijabah menjadi sumber ibadah dan terus tebarkan benih inspirasi dengan memperbanyak ladang ibadah," kata Bupati Hamim Pou, seperti dikutip dari Gorontalo Post.

Aksi sedekah dan infak massal sebesar Rp 622 juta dalam 5 menit yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Bone Bolango ini tercatat sebagai rekor ke-8311 di MURI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News