Masyarakat yang Ingin Liburan Akhir Tahun Harap Waspada Potensi Bencana

Masyarakat yang Ingin Liburan Akhir Tahun Harap Waspada Potensi Bencana
Ilustrasi - Sebuah rumah setelah diterjang banjir di Kelurahan Ranai Darat, Kecamatan Bunguran Timur, Natuna, Kepri, Rabu (14-12-2022). ANTARA/Cherman

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat yang ingin liburan akhir tahun diminta selalu waspada potensi bencana hidrometeorologi dengan mengecek prakiraan cuaca.

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi BNPB Abdul Muhari mengatakan ada tiga wilayah yang menjadi perhatian karena padat penduduk.

Ketiga wilayah itu, yakni Jawa bagian tengah ke barat, Sulawesi dari tengah ke selatan, dan timur Papua di bagian tengah hingga ke selatan.

Abdul menyampaikan imbauan tersebut lantaran masyarakat mungkin lagi bersiap-siap berangkat liburan ahir tahun bersama keluarga.

"Jangan lupa untuk memperhatikan prakiraan cuaca," ucapnya di Jakarta, Senin (19/12).

Dia menjelaskan sepanjang 12 sampai 18 Desember 2022, BNPB mencatat total bencana di Indonesia mencapai 45 kejadian.

Peristiwa itu didominasi oleh bencana hidrometeorologi berupa 22 kali banjir, 14 kali cuaca ekstrem, dan delapan kali tanah longsor, serta satu kali kejadian gempa bumi.

Kejadian bencana yang terjadi di 10 provinsi itu mengakibatkan satu orang meninggal dunia, 18 orang luka-luka, 6.724 rumah terendam, 620 rumah rusak, tiga fasilitas pendidikan rusak, 34 fasilitas peribadatan rusak, dan satu jembatan rusak.

BNPB mengimbau masyarakat yang hendak liburan akhir tahun agar waspada potensi bencana alam yang bisa terjadi kapan saja. Selalu cek prakiraan cuaca.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News