Mau ke Puncak? Simak Nih 7 Check Point yang Disiapkan Polisi

Mau ke Puncak? Simak Nih 7 Check Point yang Disiapkan Polisi
Ilustrasi check point kendaraan dalam pelaksanaan ganjil genap. Foto: ANTARA/Dedhez Anggara/hp

jpnn.com, BOGOR - Polisi menyiapkan sekitar tujuh lokasi check point kendaraan terkait pelaksanaan uji coba sistem ganjil genap di Jalur Puncak, Cisarua, Bogor, mulai Jumat (3/9).

"Lokasi pemeriksaan totalnya ada tujuh titik, sudah termasuk yang di Sentul dua titik," kata Kapolres Bogor AKBP Harun di Cibinong, Bogor, Selasa.

Dia menyebutkan tujuh titik pemeriksaan tersebut, yaitu pintu Tol Ciawi, Simpang Gadog, Rainbow Hills, pos penutupan arus Cibanon, pos penutupan arus Bendungan, dan dua lokasi di Sentul.

Pada uji coba ganjil genap yang rencananya diterapkan pada dua kali akhir pekan itu, setiap kendaraan pribadi yang pelat nomornya tidak sesuai dengan angka genap atau ganjil pada tanggal itu akan diputar balik arah.

Namun, ada sejumlah jenis kendaraan yang masuk dalam kategori pengecualian penerapan sistem ganjil genap, yaitu armada pamadam kebakaran, ambulans, tenaga medis, kendaraan dinas TNI/Polri, angkutan umum, angkutan online, dan angkutan logistik.

Harun menegaskan opsi ganjil genap untuk meminimalisasi kepadatan kendaraan di wilayah selatan Kabupaten Bogor itu seperti yang terjadi pada tanggal 28—29 Agustus 2021 usai penurunan status Kabupaten Bogor dari level 4 ke level 3 pada pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

Pasalnya, sepanjang akhir pekan kemarin, terjadi peningkatan jumlah kendaraan di kawasan Puncak hingga 40 persen atau sekitar 38.000 kendaraan.

Sementara itu, Bupati Ade Yasin di tempat yang sama menjelaskan pihaknya akan membuat payung hukum untuk perkuatan dalam jangka panjang jika uji coba rekayasa lalu lintas tersebut ampuh menangani kepadatan kendaraan.

Jalur menuju Puncak, Cisarua, Bogor akan disiapkan tujuh check point (pemeriksaan) kendaraan terkait pelaksanaan uji coba ganjil genap

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News