Mau Takbir Keliling Malam Nanti? Simak Dulu Pesan Pak Menag Ini

Mau Takbir Keliling Malam Nanti? Simak Dulu Pesan Pak Menag Ini
Menag Lukman Hakim Saifuddin. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) akan mengelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1438 Hijriah. Namun, jauh-jauh hari sudah ada prediksi bahwa 1 Syawal akan jatuh pada Minggu (25/6).

Karenanya, malam nanti pasti sudah ada umat Islam yang melaksanakan takbiran. Kemungkinan juga ada yang menggelar takbir kelililing.

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin pun berharap agar umat Islam dalam merayakan takbiran tidak merugikan orang lain. Politikus PPP itu mewanti-wanti agar takbir keliling tidak mengganggu ketertiban umum hingga memacetkan jalanan.

"Umat Islam dalam menyemarakkan malam lebaran dengan cara takbiran, hendaknya melakukannya di masjid-masjid, musala, lapangan-lapangan, dan tempat-tempat lain yang tidak mengganggu ketertiban umum dan kelancaran lalu lintas di jalan raya," ujar Lukman, Sabtu (24/6).

Menurut Lukam, takbiran adalah tradisi baik yang patut dipelihara. Karena itu dia mengajak umat Islam untuk tidak merayakan takbiran dengan menyalakan mercon, kembang api atau hal-hal yang berpotensi menimbulkan bahaya dan kerawanan sosial. 

"Takbiran harus tetap terjaga kekhidmatannya. Merayakan malam lebaran juga jangan sampai dengan cara hura-hura yang berlebihan dan kelewat batas," katanya.(cr2/JPG)

 


Kementerian Agama (Kemenag) akan mengelar sidang isbat untuk menentukan 1 Syawal 1438 Hijriah. Namun, jauh-jauh hari sudah ada prediksi bahwa 1 Syawal


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News