Mayoritas Dokter Asing di Australia Dinilai Tak Layak Praktek

Mayoritas Dokter Asing di Australia Dinilai Tak Layak Praktek
Mayoritas Dokter Asing di Australia Dinilai Tak Layak Praktek

Para dokter asing yang telah bekerja di wilayah pedalaman Australia selama bertahun-tahun, kini dinilai tidak kompeten dan dicabut izin prakteknya oleh Australian Medical Board (AMB).

Empat dari lima dokter asal luar negeri ini, sebagian telah berpraktek selama 10 tahun, gagal dalam ujian klinis yang dilakukan AMB. Ujian dilaksanakan untuk membuktikan apakah para dokter ini memenuhi standar Australia.

Dahulu dokter asing tidak diwajibkan mengikuti ujian lokal sebelum ditempatkan di wilayah pedalaman yang kekurangan dokter. Tercatat lebih dari 3000 dokter asing berpraktek di Australia.

"Idealnya semua dokter yang bekerja di Australia memiliki kualifikasi penuh sebelum mulai bekerja, namun kita memiliki kebutuhan," kata Ketua AMB Dr Joanna Flynn AM kepada ABC.

"Tuntutan agar para dokter ini memenuhi standar Australia kini jadi lebih jelas," tambahnya.

"Jika kinerja mereka dalam ujian sangat rendah, tentunya menimbulkan pertanyaan apakah mereka benar-benar aman untuk berpraktek," tuturnya.

Sejak tahun 2013 semua dokter asing telah diberitahu batas waktu tiga tahun untuk menjalani ujian klinis. Jika tidak lulus, izin praktek mereka akan dicabut.

Dr Flynn mengatakan pihaknya sudah memberikan keringanan, dengan memperpanjang batas waktu. Namun sekarang hal itu sudah berakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News