Mbak Puan Menggoreng Karak di Bekas Dapil, Ini Fotonya...

Mbak Puan Menggoreng Karak di Bekas Dapil, Ini Fotonya...
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani saat menggoreng karak di Desa Gadingan, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, Jumat (13/5). Foto: Kemenko PMK for JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani pada Jumat (13/5) berkunjung ke Sukoharjo, Jawa Tengah. Di kabupaten yang dipimpin Wardoyo Wijaya itu, Puan blusukan sampai ke desa-desa.

Sukoharjo sebenarnya bukan wilayah yang baru bagi Puan. Sebab, politikus PDIP itu memang pernah terpilih sebagai anggota DPR dari daerah pemilihan Jawa Tengah V yang meliputi Sukoharjo, Solo, Boyolali dan Klaten.

Agenda pokok Puan dalam kunjungannya ke Sukoharjo adalah menyerahkan satu unit motor pengangkut dan mesin untuk perahu. Namun, bekas ketua Fraksi PDIP DPR itu blusukan juga ke desa untuk menemui warga.

Salah satu desa yang dituju Puan adalah Desa Gadingan di Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Desa itu juga dikenal sebagai penghasil karak atau kerupuk berbahan baku beras.

Puan pun blusukan ke rumah warga pembuat karak. Tak sekadar blusukan, cucu Proklamator RI Ir Soekarno itu mencoba menggoreng karak.

Menurutnya, karak merupakan salah satu produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang masih bertahan. "Saya ingin tahu persis bagaimana geliat UMKM di sini, oleh karena itu saya ingin melihat sejak proses pembuatan hingga distribusinya," tuturnya.

Ia mengharapkan industri karak hasil UMKM itu bukan hanya mampu bertahan tetapi juga terus berkembang. Sebab, UMKM merupakan salah satu bentuk kemandirian dalam bidang perekonomian.

Karenanya, ia menjanjikan adanya insentif bagi karak hasil industri rumahan. "Kemandirian masyarakat yang dibangun melalui industri rumahan karak perlu mendapatkan penguatan dari pemerintah baik pusat maupun daerah," tambah Puan.(ara/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News