Mbak Puan Perlu Menaikkan Popularitas, Elektabilitasnya juga Masih Tertinggal

Mbak Puan Perlu Menaikkan Popularitas, Elektabilitasnya juga Masih Tertinggal
Ketua DPR RI Puan Maharani dinilai tengah menaikkan popularitas melalui baliho dan spanduk. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Analis politik Hendri Satrio menilai pemasangan foto Puan Maharani di baliho dan spanduk yang bertebaran di berbagai daerah, berhubungan dengan strategi menjelang Pilpres 2024.

Menurut Hendri, hal itu terkait dengan upaya Mbak Puan menaikkan popularitasnya di masa publik.

"Jadi, kalau Mbak Puan pasang baliho, ya, itu bagian dari strategi 2024. Kan dia perlu menaikkan popularitas," ucap Hendri kepada JPNN.com, Senin malam (2/8).

Pendiri KedaiKOPI (Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia) itu menyebut selama ini Mbak Puan sudah populer, tetapi perlu lagi ditingkatkan sehingga elektabilitasnya juga naik.

"Dalam hasil survei KedaiKOPI, kan, Mbak Puan masih tertinggal (elektabilitasnya, red) dari calon-calon lain," ucap Hendri.

Menurut pengajar di Universitas Paramadina itu, elektabilitas Puan sebenarnya bisa melejit bila Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sudah membuat keputusan.

"Kalau PDI Perjuangan kompak, ya, dia bisa langsung naik 20 persenan, tuh. Misalnya, kompak, setelah ditentukan oleh Bu Mega selaku ketua umum, dia (Puan, red) capres, naik sendiri elektabilitasnya," ucap Hendri.

Terkait sikap Puan yang akhir-akhir ini mulai berani melontarkan kritik keras kepada pemerintahan Jokowi, Hendri menilai itu bukan semata-mata untuk Puan, tetapi juga parpolnya.

Hendri juga melihat Presiden Jokowi sekarang lebih dekat ke Golkar dibanding PDI Perjuangan terkait penanganan pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News