Mbak Puan: Puskesmas Ujung Tombak Vaksinasi COVID-19

Mbak Puan: Puskesmas Ujung Tombak Vaksinasi COVID-19
Ketua DPR RI Puan Maharani meninjau vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Kabat, Banyuwangi, Selasa (2/3/2021) . (ANTARA/HO-Pemkab Banyuwangi)

jpnn.com, BANYUWANGI - Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan kecepatan pelaksanaan vaksinasi COVID-19 sangat tergantung pada kesiapan pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) di seluruh Indonesia.

"Puskesmas menjadi ujung tombak pelaksanaan program vaksinasi COVID-19," kata Mbak Puan saat meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (2/3).

Menurut mantan Menko PMK itu, dengan memiliki tenaga kesehatan dan infrastruktur puskesmas yang andal maka proses vaksinasi berlangsung lancar.

"Melalui puskesmas, warga di desa-desa terjangkau vaksinasi, sehingga prinsip vaksinasi berkeadilan terpenuhi," ucap politikus PDIP itu.

Pada kesempatan itu Puan juga berdialog dengan tenaga kesehatan di Puskesmas Kabat. Salah satu yang dibahas adalah penggunaan teknologi informasi untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas menjelaskan bahwa pihaknya terus memantau pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya.

"Alhamdulillah, sejauh ini semua berjalan lancar. Kami terus meminta kepada Dinas Kesehatan untuk mengoptimalkan pelaksanaan vaksin kepada target sasaran. Di semua puskesmas, vaksinasi dijalankan dengan sasaran serta tahapan sesuai ketentuan dari pemerintah pusat," jelasnya.

Banyuwangi telah menerima 34.140 dosis vaksin Sinovac atau setara 17.070 sasaran vaksinasi COVID-19.

Ketua DPR Puan Maharani tinjau vaksinasi Covid-19 di Banyuwangi, Jawa Timur pada Selasa (2/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News