Mbak Rerie: Sosialisasi Protokol Kesehatan di Lingkungan Keluarga Mendesak Dilakukan

Mbak Rerie: Sosialisasi Protokol Kesehatan di Lingkungan Keluarga Mendesak Dilakukan
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan momentum Hari Cuci Tangan Sedunia yang diperingati setiap 15 Oktober, harus dimanfaatkan untuk menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan (Prokes) secara disiplin di lingkungan keluarga.

Hal tersebut menurutnya sangat penting dan harus terus dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di masyarakat.

"Peringatan Hari Cuci Tangan Sedunia pada 15 Oktober ini diharapkan mampu menjadi momentum meningkatkan disiplin menjalankan protokol kesehatan di tengah masyarakat," kata Lestari Moerdijat, di Jakarta, Kamis (15/10).

Pimpinan MPR yang akrab disapa dengan panggilan Rerie ini mengatakan, mencuci tangan yang merupakan bagian dari prokes bisa didorong menjadi kebiasaan dalam keseharian masyarakat. Hal ini bisa terus disosialisasikan lewat berbagai momentum kegiatan.

Apalagi di sejumlah kota mulai terdeteksi ada peningkatan penyebaran Covid-19 klaster keluarga. Seperti di Bogor, Jawa Barat, saat ini tercatat 277 keluarga yang terpapar Covid-19.

Tren peningkatan klaster keluarga juga terjadi di Kota Tangerang dan Bekasi sejak pertengahan September lalu. Hal itu menurut Rerie dipicu ketidakdisiplinan anggota keluarga dalam penerapan prokes.

Kondisi itu menurut legislator Partai NasDem ini sangat memprihatinkan. Menurut dia, seharusnya lingkungan keluarga adalah tempat penguatan disiplin menjalankan prokes hingga menjadi kebiasaan dalam kegiatan sehari-hari.

"Para pemangku kepentingan dalam pengendalian penyebaran Covid-19 di setiap daerah harus segera melakukan upaya edukasi yang masif hingga lingkungan keluarga," pinta Rerie.

Klaster Covid-19 di lingkungan keluarga meningkat di Kota Bogor, Tangerang dan Bekasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News