MCA Punya Grup di Facebook, Anggotanya Sudah Ratusan Ribu

MCA Punya Grup di Facebook, Anggotanya Sudah Ratusan Ribu
Para anggota Muslim Cyber Army (berkaus tahanan) saat diperlihatkan ke awak media di kantor Ditsiber Bareskrim Polri, Jakarta Pusat, Rabu (28/2). Foto: Elfany Kurniaan/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bareskrim Polri terus mendalami kelompok Muslim Cyber Army (MCA) yang diduga getol menyebar hoaks dan ujaran kebencian melalui medsos. Kelompok yang memiliki aktivis di berbagai kota itu juga punya akun di Facebook.

Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri Brigjen Fadil Imran mengatakan, sejauh ini ada dua grup di Facebook yang terkait MCA. Pertama adalah Sniper Team yang memiliki 177 anggota.

“Ada juga grup United Muslim Cyber Army yang memiliki 102.064 members,” kata Fadil di kantor sementara Bareskrim Polri, Cideng, Jakarta Pusat, Rabu (28/2).

Grup Sniper Team bertugas melakukan report terhadap akun lawan agar diblokir atau tidak bisa diakses. Sementara United Muslim Cyber bersifat terbuka sebagai wadah untuk menampung berita, video dan gambar dari anggota MCA untuk disebarluaskan di medsos.

Fadil menambahkan, polisi juga masih menelusuri grup bernama Cyber Moeslim Defeat Hoax yang terafiliasi dengan kelompok MCA. Grup itu juga getol menggoreng isu.

"Tugasnya membuat opini dan share keluar secara masif.  Isu-isunya kemudian ada tahapannya, seperti isu serang parpol tertentu, isu penyerangan ulama, PKI bangkit, itu fase tahapan dari settingannya," urai dia.

Jenderal Polri berbintang satu itu menambahkan, para admin grup Family MCA menggunakan aplikasi Zello Walkie Talkie agar komunikasi mereka tak terendus. "Mereka dalam berkomunikasi menggunakan aplikasi Zello, semacam HT (handie talkie, red) tapi dalam handphone, telegram dan FB secara tertutup," kata Fadil.

Sebelumnya polisi telah menangkap enam orang aktivis MCA di lokasi berbeda. Mereka adalah Muhammaf Lutf (40), Riski Surya Darma (37), Ramdani Saputra (39), Yuspiadin (25), Ronny Sutrino (40) dan Tara Arsih Wijayani (40).(mg1/jpnn)

Sejauh ini ada dua grup di Facebook yang terkait Muslim Cyber Army. Pertama adalah Sniper Team, sedang satu grup lagi adalah United Muslim Cyber Army.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News